Wujudkan Birokrasi Kelas Dunia, Pemerintah Butuh Sosok ASN Bertanggungjawab

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Dalam rangka terwujudnya birokrasi kelas dunia, saat ini pemerintah memerlukan sosok Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki tanggung jawab dalam memimpin dan melaksanakan seluruh kegiatan pelayanan serta administrasi pemerintahan.

Demikian disampaikan Plh. Sekda Maluku Dr. Ir. Suryadi Sabirin, M.Si, dalam sambutannya saat membuka Upacara Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan X Bagi PNS lingkup Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kota Ternate dan Bawaslu Provinsi Maluku Tahun 2024, bertempat di Aula Kantor BPSDM Provinsi Maluku, kemarin.

Menurut Suryadi, pelatihan kepemimpinan administrator tersebut bertujuan untuk mengembangkan kemampuan ASN dalam rangka memenuhi standar kompetensi manajerial jabatan administrator.

Olehnya itu, Ia berharap kepada semua peserta agar dapat mengikuti semua proses pelatihan dengan baik dan profesional, sehingga para peserta nantinya bisa menjadi pemimpin yang membawa suatu perubahan.

“Dalam pelatihan ini untuk mengembangkan kompetensi peserta, sehingga nantinya membawa suatu perubahan dengan menanamkan nilai-nilai kepemimpinan dalam urusan penyelenggaraan pemerintahan,” katanya.

Dia menjelaskan, sebagai seorang pemimpin, hendaknya memiliki hati nurani serta berbudaya kerja yang tinggi dan bertanggungjawab atas pelaksanaan keseluruhan kegiatan pelatihan serta administrasi pemerintahan dan pembangunan.

“Hal ini sebagai upaya menciptakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa dengan mengedepankan prinsip-prinsip pemerintahan yang baik atau good governance,” jelas Suryadi.

Untuk diketahui pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari Kabupaten Maluku Tengah 3 orang, Kabupaten Buru Selatan 26 orang, Kabupaten Kepulauan Aru 1 orang, Kabupaten Seram Bagian Timur 1 orang, Kota Ternate 8 orang, dan Bawaslu Provinsi Maluku 1 orang, yang akan berlangsung selama 93 hari.

Hadir juga pada kesempatan itu, Sekda Kepulauan Aru, Kepala BPSDM Kabupaten Maluku Tengah, Bursel, SBT, Kota Ternate, Sekretariat Bawaslu Provinsi Maluku, serta para Widyaiswara lingkup BPSDM Provinsi Maluku. (RIO)

  • Bagikan