Tugas Perdana Pj Walikota Ambon yang Baru

  • Bagikan

Puing-puing Lapak Masih Berhamburan di Laut

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Ada tugas perdana bagi Penjabat (Pj) Walikota Ambon yang baru Dominggus Nicodemus Boy Kaya dalam rangka kebersihan Kota Ambon.

Tugasnya adalah mengerahkan perangkat yang dipimpinnya untuk membersihkan puing-puing lapak yang dibongkar dan saat ini berhamburan, terombang ambing di laut membuat air laut Teluk Ambon menjadi kotor.

Rangka lapak yang mengapung di air laut tersebut merupakan bekas pembongkaran Pasar apung Mardika milik sejumlah pedagang.

Setelah pembongkaran oleh pemerintah, hingga hari ini tidak ada satu pihak pun untuk membersihkan puing-puing lapak yang terombang ambing di laut.

“Rangka-rangka kayu ini kan bekas penggusuran beberap hari lalu. Tapi sampe hari ini seng ada dari pihak berwenang yang datang untuk bersihkan,” kata Narti salah satu pedagang, Minggu 26 Mei 2024.

Menurutnya, selain membuat pemandangan jadi jorok, puing-puing lapak itu bisa mencemari lingkungan, jika tidak dibersikan.

Bukan hanya itu, puing-puing lapak juga dapat membunuh biota laut yang mencari makan di sekitar pesisir pantai.

“Pihak pemerintah dalam hal ini Disperindag Provisni dan Dinas Lingkungan Hidup termasuk di Pemkot Ambon malah acuh dengan keadaan tersebut,” ujarnya.

Dia mengakui, kebersihan ini bukan hanya pedagang yang harus menjaga. tapi juga pemerintah, sehingga harus segera dibersihkan.

“Ini harus dibersihkan, paling merusak pemandangan laut,” cetusnya.

Pantauan wartawan , pembongkaran terjadi selama dua hari di Pasar Apung Mardika. Pembongkaran itu dilakukan pemerintah provinsi.

Dari pembongkaran itu, petugas tidak langsung mengangkut puing-pung sehingga berhamburan di laut. (MON)

  • Bagikan