Wisuda ke-XX Unifa, Direktur Harian Rakyat Maluku Raih Gelar Magister Ilmu Komunikasi

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — MAKASSAR, — Universitas Fajar (Unifa) Makassar mewisudakan 307 wisudawan, terdiri dari 171 alumni Pascasarjana dan 136 alumni Program Sarjana, yang digelar di Sandeq Room, Claro Hotel Makassar, Sabtu, 25 Mei 2024.

Dalam wisuda ke-XX Unifa tersebut, salah satu alumni Pascasarjana yang diwisuda adalah Direktur PT. Radar Ambon/ Harian Rakyat Maluku, Syaikhan Azzuhry Rumra, yang berhasil memenuhi segala syarat pendidikan pada Program Studi Magister (S2) Ilmu Komunikasi, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,79, predikat kelulusan Dengan Pujian.

Syaikhan Azzuhry Rumra, S.Ksi., M.I.Kom, menyandang gelar M.I.Kom setelah menyelesaikan studi dengan baik dan tugas akhir dengan judul “Transformasi Penyampaian Pesan dari Media Cetak ke Media Sosial (Studi Kasus Pada Media Cetak, YouTube, Instagram dan TikTok Harian Rakyat Maluku).

Dengan mewisudakan 307 wisudawan, maka total alumni Unifa mencapai 5.958 orang, yang kini bekerja di berbagai bidang di seluruh Indonesia maupun luar negeri.

Rektor Unifa, Dr. Muliyadi Hamid, SE, M.Si, menyampaikan capaian prestasi wisudawan, dimana rata-rata capaian IPK mahasiswa program Sarjana adalah 3,49 dengan masa studi rata-rata 4 tahun 8 bulan, dan IPK rata-rata program Magister 3,84 dengan masa studi rata-rata selama 1 tahun 3 bulan.

“Menyaksikan seluruh wisudawan mengenakan toga wisuda hari ini sungguh membahagiakan dan membanggakan. Sebab tidak semua orang bisa mengenakannya. Bahkan, banyak mahasiswa yang pada akhirnya tidak mampu memakainya,” kata Dr. Muliyadi.

Dia juga mengatakan, Sarjana atau Magister adalah sebuah gelar akademik yang menunjukkan level kemampuan berpikir dan kemampuan menyelesaikan masalah melalui pendekatan ilmiah dan perspektif akademik bagi pemiliknya.

“Oleh karena itu, wisuda hari ini hanyalah sebagai tanda selesainya satu jenjang pendidikan formal, namun bukanlah akhir masa belajar saudara. Masalah-masalah yang dihadapi oleh semua organisasi semakin hari semakin kompleks dan rumit,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Dr. Muliyadi mengingatkan kepada wisudawan bahwa kesuksesan yang dicapai hari ini tak lepas dari peran dan dukungan orang lain.

“Terutama keluarga, khususnya tentu kedua orang tua. Mereka tak henti-hentinya berdoa untuk kesuksesan kalian. Bahkan, bukan sekadar doa, tapi juga pengorbanan moril dan material,” ungkapnya.

Dr. Muliyadi juga memaparkan sejumlah prestasi yang diraih oleh kampus dengan tagline “Entrepreneur University” tersebut. Di semester ini, Unifa berhasil menduduki peringkat ketiga sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Sulawesi Selatan versi Webometrics pada Februari 2024.

“Dan peringkat 239 secara nasional untuk semua perguruan tinggi, termasuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). (RIO)

  • Bagikan