Musim Hujan Warga Diminta Waspada

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Musim penghujan sudah dimulai di Kota Ambon, apalagi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca di Maluku.
Peringatannya dari tanggal 8 sampai 10 Mei hujan disertai petir dan angin kencang melanda kota ini. Sehingga, warga diminta tetap waspada.

“Artinya bulan Mei merupakan bagian dari musim penghujang. Dari April sampai dengan September yang puncaknya biasa di bulan Juni dan Juli. Untuk itu, kita harus waspada selaku masyarakat Kota Ambon yang tinggal di daerah rawan longsor atau di daerah aliran sungai,” kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Ambon, Eva Tuhumury, kepada koran ini, Selasa 9 Mei 2023.

Warga, kata dia, harus melihat kondisi hujan, kalau pun hujan selama tiga hari atau satu minggu berturut-turut warga harus berinisiatif membersihkan lingkungan sekitar terutama selokan.

“Masyarakat tetap waspada saja, diharapkan dengan kondisi ini perhatikan sekitar rumah,” ujarnya.

Dia mengakui, hujan selama dua hari kemarin, belum ada laporan dari warga terkait tanah longsor dan lainnya. Hanya saja ada warga yang datang minta bantuan terpal untuk antisipasi menutup daerah-daerah yang rawan longsor.

“Yang rumahnya rawan longsor mereka meminta bantuan terpal untuk tutup saja,” pungkasnya. (MON)

  • Bagikan