Tiga Rumah Warga di Silale Ambon Dilahap Si Jago Merah

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID – AMBON, — Tiga unit rumah milik warga di kawasan Kelurahan Silale, RT 002/04 Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon hangus terbakar pada Selasa, 18 April 2023 sekira Pukul 12.40 WIT.

Tiga unit rumah yang ludes dilahap si jago merah tersebut masing-masing milik; keluarga Lutfi Muhrim, (52), keluarga La Alfi (62) dan keluarga Ny Rahma Pesilette (63).

Menurut Gerhana Pesilette (39), anak dari Rahma Pesilette, saat api mulai berkobar, dirinya sedang tidur di kamar Lt I. Ia Gerhana baru menyadari adanya kebakaran yang menimpa rumah mereka, setelah mendengar suara teriarakan dari warga. Gerhana kemudian meninggalkan kamar tidur dan berlarian ke luar rumah.

Diakuinya, ketika meninggalkan kamar tidur, ia melihat adanya gumpulan asap di lantai II rumah mereka, yang dijadikan sebagai kamar kos-kosan. Saat itu, ia tak bisa berbuat banyak, selain berusaha menyelamatkan diri dari sumber api yang terus membesar di lantai II rumah mereka.

Ketua RT setempat, Ruslan Abdul Gani (47) juga mengetahui adanya kebakaran setelah mendengar teriakan warga. Mengetahui hal ini, Ruslan langsung menggerakan warga untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya.
Tak lama setelah upaya pemadaman dilakukan warga, kemudian lima unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) tiba di lokasi untuk pemadaman.

Kapolsek Nusaniwe IPTU Johan Anakotta, beserta anggotanya, dibantu anggota Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease juga turun ke lokasi untuk membantu dilakuakn pemadaman.

Sekira pukul 14.15 WIT, api baru berhasil dipadamkan. Pasalnya, daerah ini merupakan kawasan padat penduduk, sehingga si jago merah bergerak dengan cepat hingga menghanguskan tiga rumah warga tersebut.

Beruntung, kebakaran ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Namun, kerugian yang dialami warga akibat kebakaran ini ditaksir mencapai ratusan juta. (HAS/WHL)

  • Bagikan