CCTV yang Rusak Segera Diperbaiki

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, – Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena menjanjikan CCTV yang rusak di Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) segera diperbaiki. Hal tersebut dilakukan sehingga pelayanan publik dapat terpantau dengan baik, dan menghindari pungutan liar (pungli).

“CCTV memang sudah terpasang tetapi ini karena pemasalahan arus listrik sehingga tidak berfungsi. Saya sudah cek Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan (Bagumper), Herman Tetelepta, kenapa terjadi kendala,” katanya sela – sela Program Walikota Jumpa Rakyat (WAJAR), Jumat, 10 Februari 2023.

Wattimena mengaku sempat menerima laporan salah satu warga kota yang sebelumnya kehilangan barang bawaan pribadi pada ruang pelayanan BPPRD dua pekan lalu dan sampai dengan saat ini tak kunjung ditemukan.

Peristiwa tersebut hendak ditelusuri melalui CCTV pada ruangan pelayanan pajak tersebut, namun tidak lagi berfungsi. “Selain CCTV di tempat Pelayanan Publik di Balai Kota, terdapat 32 titik pemasangan CCTV di kota dan terpantau dari Command Center dan dari ruangan kerjanya secara langsung,” katanya.

Ia juga berharap agar masyarakat tidak menyalahkan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, kalau barang ada yang hilang. “Jangan kita sepenuhnya menyalahkan orang lain atas kelalaian kita sendiri. Jangan kehilangan ini seolah-olah kami disini bejat moralnya, jangan dong,” tegasnya.

Dia memastikan kerusakan CCTV segera diperbaiki, sehingga proses kerja pada pelayanan publik, dapat terpantau dengan baik, dan tentunya ada transparansi yang terjadi antara kita, Pemkot dan masyarakat.

“Membersihkan seluruh area pelayanan dari pungli itu penting bagi pemerintah kota untuk membangun kepercayaan masyarakat. CCTV ini melambangkan transparansi sebenarnya bahwa pelayanan itu dilakukan dengan baik tanpa dikotori dengan pungli dan sebagainya. Saya jamin itu pasti kita perbaiki,” pungkas Wattimena.

Dari 32 CCTV di ruas jalan kota Ambon mencakup, kawasan kemacetan, pusat aktivitas masyarakat dan kantor pemerintah. Selain itu, lanjut dia, CCTV juga dipasang di beberapa sungai besar di Kota Ambon. (MON)

  • Bagikan