Keluhan Air Bersih, DPRD Desak PT DSA Lakukan Pembenahan

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID, AMBON, — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon meminta pihak PT Dream Sukses Airindo (DSA) untuk serius dalam memberikan pelayanan air bersih kepada pelanggan di Kota Ambon.

Pasalnya, warga sampai kini masih mengeluhkan pelayanan air bersih yang disuplai oleh PT DSA Ambon. Kekurangan air bersih, hampir sabang hari terjadi pada beberapa titik di wilayah Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Meski kejadian ini sudah lama, namun PT DSA Ambon seolah tidak peduli akan krisis air yang dihadapi warga.

Anehnya, ketika warga tidak melakukan pembayaran tarif air, yang hanya biaya admint, kran airnya dapat langsung disegel.

Anggota Komisi II DPRD Kota Ambon, Taha Abubakar menegaskan, di Kota Ambon dalam beberapa hari terakhir ini diguyur hujan. Jika, pihak DSA beralasan bahwa debit air berkurang hingga air bersih tidak tersalur dengan baik, maka ini alasan yang tidak tepat. “Saya harap, DSA serius dengan kewajibannya,” kata Taha kepada wartawan di gedung DPRD Ambon, Rabu 1 Februari 2023.

Dia mengakui, DPRD melalui komisi II sudah kerap kali membahas masalah pelayanan air bersih bersama PDAM dan DSA Ambon. Alasannya, debit air yang berkurang di daerah tangkapan air membuat DSA harus melakukan sistem giliran. “Kita maklumi itu. Tapi untuk saat ini, alasan itu tak tepat. Sebab Ambon saat ini sementara diguyur hujan. Pasti debit air juga bertambah,” ujarnya.

Masalah ini nantinya akan disampaikan ke ketua komisi II untuk kemudian memanggil pihak DSA Ambon.

Taha meminta DSA untuk segera sikapi keluhan masyarakat di kawasan Sirimau, misalnya di komplek Lorong Gondal, Lorong Sumatera dan beberapa titik lainnya. “Sebab pelanggan ini tak pernah menunda pembayaran iuran air bersih. Jadi kalau mereka tertib dengan kewajibannya, maka DSA juga harus memberikan pelayanan yang maksimal,” pungkas dia. (MON)

  • Bagikan