Gempa Bumi M 7,5 Berpotensi Tsunami, BMKG; Enam Kali Gempa Susulan di KKT

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID, AMBON, — Pasca gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 7,9 mengguncang wilayah Provinsi Maluku, menyisahkan gempa susulan sebanyak enam kali, yang terasa di wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Selasa, 10 Januari 2023.

Gempa susulan dengan magnitudo yang berbeda-beda. “Untuk saat ini, sampai Pukul 08:00 WIT telah berhasil kami catat ada sebanyak 6 gempa susulan,” kata Kepala Seksi Observasi BMKG, Lutfi Pary, kepada wartawan di Kantor BMKG Ambon, Selasa, 10 Januari 2023.

Menurut dia, gempa bumi yang terjadi pukul 02;47 WIT dengan kekuatan magnitudo 7,5 berpotensi tsunami. “Hampir seluruh wilayah Maluku terasa gempa. Wilayah Saumlaki dengan skala intensitas 5 Magnitudo lebih, Tiakur 4 Magnitudo sampai ke Sorong, Kaimana juga dirasakan 3-4 MII,” jelas dia.

Penyebab dari gempa bumi tersubut diakibatkan oleh induksi laut Banda. BMKG pada pukul 5:47 WIT telah mengeluarkan peringatan dini yang telah berakhir. “Kami imbau kepada masyarakat tetap tenang, jangan terpropokasi dengan informasi yang meresahkan,” pesan dia.

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 7,9 mengguncang wilayah Provinsi Maluku, Selasa, 10 Januari 2023 sekira Pukul 03.00 WIB. Gempa sangat terasa di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT). Bahkan, Gempa bumi ini menyebabkan sejumlah rumah di wilayah Tanimbar ambruk. Salah satu warga juga dilaporkan mengalami luka ringan. (MON)

  • Bagikan

Exit mobile version