HIPMI Peduli Salurkan Bansos ke Korban Kebakaran Mardika

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Maluku melalui HIPMI Peduli menyalurkan bantuan sosial (Bansos) kepada para korban terdampak kebakaran di kawasan Mardika, Kelurahan Rijali, Kota Ambon.

Bansos yang terdiri dari pakaian layak pakai, satu ton beras, kebutuhan anak-anak (Pempers), kebutuhan mandi dan cuci, obat-obatan/ vitamin, itu disalurkan langsung ke Posko Penanganan Korban Kebakaran di Mardika, Rabu, 14 Desember 2022.

Koordinator Aksi HIPMI Peduli BPD HIPMI Maluku, Fahrul Kaisuku, mengatakan, sebelum turun ke lapangan untuk memberikan bantuan, pihaknya terlebih dahulu melakukan survey dan pendataan untuk mengetahui apa saja yang menjadi kebutuhan para korban.

“Selain logistik, salah satu kebutuhan yang urgen dan dibutuhkan para korban di pengungsian adalah kebutuhan anak-anak seperti pempers, juga barang-barang untuk keperluan MCK serta vitamin dan obat-obatan,” kata Fahrul.

Dikatakan Fahrul, kegiatan HIPMI Peduli ini merupakan bentuk solidaritas dan kepekaan sosial para kader HIPMI terhadap musibah yang terjadi. Bantuan yang diberikan dalam berbagai bentuk itu sebisa mungkin sesuai dengan kebutuhan para korban.

“Sesuai arahan dari Ketua Umum BPD HIPMI Maluku Azis Tunny, bantuan sosial yang disalurkan harus sesuai dengan kebutuhan para korban,” katanya.

Ketua Bidang VIII BPD HIPMI Maluku, Yermia Padang, yang ikut menyerahkan bantuan, berharap, bantuan sosial yang disalurkan dapat meringankan beban dari para korban kebakaran.

“Semoga bantuan yang diberikan melalui donasi para kader HIPMI ini dapat meringankan beban dari saudara-saudara kita yang tertimpa musibah kebakaran di Mardika,” harapnya.

Dia menjelaskan, bantuan yang disalurkan ini merupakan inisiatif dan donasi dari kader HIPMI sendiri, dalam rangka meringankan beban warga terdampak kebakaran.

“Tentunya sedikit uluran tangan dari kita akan sangat membantu meringankan beban dan duka yang mendalam bagi warga korban kebakaran, terkhususnya anak-anak,” jelas Yeremia.

Fungsionaris BPD HIPMI Maluku, Nurnaningsih Batjo, menambahkan, bantuan yang diserahkan hari ini merupakan bantuan tahap I dari HIPMI Maluku, dan selanjutnya masih ada dilakukan penyerahan bantuan tahap II kepada para korban terdampak kebakaran di Mardika.

“Hari ini bantuan tahap I, nanti dua atau tiga harus ke depan, kita akan memberikan bantuan tahap II lagi. Harapan kita setidaknya apa yang kita berikan bisa meringankan beban daripada saudara kita yang terdampak kebakaran,” tambah Batjo.

Untuk diketahui, dalam kebakaran yang menghanguskan ratusan bangunan (rumah, kos-kosan dan kios/ toko jualan) pada Jumat, 9 Desember 2022, sekitar pukul 03.00 Wit dini hari, juga dilaporkan dua orang meninggal dunia dan sebanyak 237 kepala keluarga mengungsi. (RIO)

  • Bagikan