Muhammadiyah Gelar Vansinasi di Tulehu

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) mengelar vaksinasi di Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Kegiatan tersebut mendapat dukungan dari USAID, Kementerian Kesehatan(Kemenkes)dan MPKU PP Muhammadiyah.

Vaksinasi massal ini mengambil tema “Muhammadiyah untuk Semua”.

“Kami menyadari penting langkah dan upaya pemulihan kesehatan melalui pencegahan Covid harus terus dilakukan baik melalui edukasi, sosialisasi maupun gerakan vaksinasi,” kata Ketua Wilayah Pemuda Muhammadiyah Maluku Anshari dalam sambutannya di Baileo Desa Tulehu, Kamis, 8 September 2022.

Kata dia, Muhammadiyah telah memulai program Vaksinasi ini sejak awal Covid. Melalui perserikatan ini, rumah sakit di bawah Muhammadiyah dan Aisyiyah, sudah melakukan pencegahan.

“Ini juga instruksi langsung dari Pimpinan Pusat Muhamamdiyah agar menjadi perhatian semua Ortom (Organisasi Otonom) dan kader Muhammadiyah se-Indonesia untuk berperan aktif mencegah dan memutus mata rantai Covid,” tuturnya.

Vaksinasi, sambung Anshari, merupakan program yang akan digelar secara berkelanjutan dan terus menerus
sehingga mencapai angka 80 persen penerima vaksin.

“Kita optimis terhadap capaian ini, Alhamdulillah juga kita bisa melihat realitas kondisi Covid sudah berangsur-angsur makin berkurang atau adanya pergeseran dari pandemi ke endemi,” ujarnya.

Lanjut Ketua Wilayah Pemuda Muhammadiyah, Maluku Tengah adalah daerah dengan angka vaksinasi yang rendah. Olehnya, Muhammadiyah memprioritaskan vaksinasi di Maluku Tengah.

“Salah satunya pada Kecamatan Salahutu ini. Saya mengajak generasi muda khususnya para mahasiswa dan kaum muda untuk ikut berperan dan terlibat aktif dalam menyukseskan program ini dengan memberikan contoh untuk mau divaksinasi dan sekaligus menjadi edukator pencegahan covid bagi masyarakat,” pungkasnya.

Gubernur Maluku Murad Ismail melalui Direktur RSUD dr Ishak Umarella Dwi Murti Neriyanti mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Maluku mengapresiasi dan memberikan penghargaan buat Muhammadiyah dalam membangun pelayanan kesehatan selama ini, dalam tugas dan tanggung jawab sebagai organisasi keagamaan dan sosial kemasyarakatan, Muhammadiyah telah banyak berkontribusi bagi pemberdayaan dan pelayan kesehatan.

“Melalui program ini harapan pemerintah kiranya ada kesadaran masyarakat untuk mengikuti vaksinasi ini. Pemprov Maluku berupaya pencegahan Vaksin, melalui berbagai program vaksinasi, pelayan kesehatan, pemberian insentif sosial, dan lain sebagainya,” tandas Dwi Murti Neriyanti.

Pejabat Tulehu Faisal Lestaluhu menjelaskan, vaksinasi penting, karena menekan penyebaran Covid-19.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini. Pemerintah negeri siap menyukseskan program ini dengan selalu memberikan edukasi dan sosialisasi di setiap dusun tentang pentingnya vaksinasi, dan mendukung segala program yang baik untuk masyarakat,” jelas Lestaluhu. (AN)

  • Bagikan