Masyarakat Pulau Buru Manfaatkan Vaksinasi Gratis dari BINDA Maluku

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — BURU, — Masyarakat Pulau Buru terus memanfaatkan vaksinasi gratis yang diselenggarakan Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Maluku. Kali ini, BINDA Maluku melaksanakan vaksinasi yang dipusatkan di Jalan Pasar Inpres Namlea, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru, Sabtu, 3 September 2022.

Kabagops BINDA Maluku, Kolonel Laut (KH) Rusendra Ichwan, mengatakan, selain melayani vaksinasi dosis 1 dan 2, pelaksanaan vaksinasi tersebut juga untuk mendorong percepatan dosis 3 atau booster, mengingat saat ini vaksin booster menjadi salah satu program vaksinasi prioritas oleh pemerintah.

“Terselenggaranya vaksinasi massal yang menyasar masyarakat umum, anak, pelajar dan lansia, ini tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Daerah dan Dinas Kesehatan Kabupaten Buru,” kata Ichwan, kepada rakyatmaluku.fajar.co.id, di Ambon.

Menurut Ichwan, BINDA Maluku juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan layanan vaksinasi booster. Khususnya bagi para pelaku perjalanan, menyusul penerapan vaksinasi booster sebagai syarat perjalanan darat, laut dan udara.

Apalagi, saat ini negara masih memberikan pelayanan vaksinasi secara gratis. Namun, tidak tertutup kemungkinan pelayanan vaksinasi akan dipungut biaya apabila pelaksanaannya sudah diserahkan kepada pihak swasta. Sebagaimana layanan tes PCR yang juga menjadi syarat bagi pelaku perjalanan.

“Oleh karena itu, harapannya masyarakat memanfaatkan dengan baik program vaksinasi dari pemerintah. Dengan mendatangi lokasi vaksinasi booster yang tersebar di seluruh wilayah Maluku, untuk mendapat layanan vaksinasi. Selain memperoleh kekebalan bagi diri pribadi, langkah ini sekaligus untuk mendukung terbentuknya kekebalan komunal,” imbaunya.

Dia menjelaskan, kebijakan pemerintah yang menerapkan vaksinasi booster sebagai syarat untuk perjalanan, tidak lepas dari terdapatnya indikasi peningkatan kasus. Sehingga kekebalan komunal sebagai alat mencegah penularan harus segera terbentuk. Melalui capaian vaksinasi booster minimal 70 persen.

“Terkait hal itu, animo masyarakat menjadi meningkat untuk melakukan vaksinasi. Dan melalui vaksinasi secara massal, BINDA Maluku berkomitmen memberikan kemudahan akses vaksin bagi seluruh lapisan masyarakat, khususnya yang tinggal jauh di pelosok pedesaan,” jelas Ichwan. (RIO)

  • Bagikan