Pemkot Serahkan 60 Hewan Kurban

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Pemerintah Kota Ambon, bakal menyerahkan 60 hewan kurban ke warga Kota Ambon, jelang Hari Raya Idul Adha 1443 H tahun 2022. 60 hewan kurban itu terdiri dari 30 ekor sapi dan 30 ekor kambing.

Rencananya kurban tersebut dibagikan di empat kecamatan di kota Ambon, mulai hari Jumat hingga H-1 jelang lebaran.

“Kami telah mengalokasikan 30 ekor kambing dan 30 ekor sapi, sebagaimana yang telah dianggarkan tahun 2021 silam. Dimana, di tahun ini sekitar 70 permohonan proposal permintaan bantuan hewan kurban ke Pemkot Ambon,” kata Kepala Bagian Kesra Kota Ambon, Fenly Masawoy kepada wartawan di area masjid Al -Fatah Ambon, Kamis 7 Juli 2022.

Kata Masawoy, penyerahan hewan kurban ini bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi, dengan sumber anggaran masing-masing.

“Jadi kita serahkan bantuan secara bersama-sama dengan pemprov, ini dilakukan agar banyak hewan kurban yang disalurkan, agar jangkauan bantuan dapat dirasakan masyarakat. Ini harapan pak pejabat Walikota,” ujarnya.

Untuk uji kesehatan hewan kurban, Panitia hewan kurban Pemkot telah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan
untuk melakukan pemeriksaan.
Hasilnya, semua hewan kurban di Ambon layak untuk dikonsumsi.

“Yang di utamakan kesehatan hewan kurban. Semua hewan kurban ini wajib diperiksa sebelum diserahkan kepada masyarakat, misalnya harus memenuhi syarat, harus layak dan mutu kelayakan. Kami telah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dalam hal ini para dokter hewan untuk memeriksa kelayakan hewan yang telah disediakan. Di mana nanti para hewan tersebut. Jadi hewan kurban yang akan diserahkan ini benar-benar sehat, tidak boleh sakit,” bebernya. (MON)

  • Bagikan