Buruan Beli Suzuki All New Ertiga Hybrid

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Bagi masyarakat Indonesia yang ingin membeli mobil tapi bingung memilih spesifikasi mobil yang dicari, tak perlu bingung lagi. Karena saat ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah meluncurkan All New Ertiga Hybrid dengan spesifikasi yang super lengkap disertai harga yang merakyat, yakni berkisar antara Rp 270.300.000 hingga Rp 292.300.000.

All New Ertiga Hybrid sebagai mobil praktis dengan berbagai fitur yang canggih memiliki perubahan dengan disematkannya Suzuki Smart Hybrid yang menjadikan All New Ertiga Hybrid sebagai Low Multi Vehicle Purpose (LMPV) pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi Hybrid.

All New Ertiga merupakan mobil LMPV yang diproduksi oleh Suzuki Indonesia sejak tahun 2012 dengan nama Ertiga. Dengan menyematkan teknologi hybrid, All New Ertiga Hybrid yang memiliki kapasitas tujuh orang penumpang hadir dengan menggabungkan mesin konvesional dan memiliki integrated Starter Generator (ISG) yang menggantikan alternator konvensional untuk membantu kerja mesin bahan bakar.

Fitur milik All New Ertiga Hybrid terbaru yang mendukung kenyamanan, keselamatan dan keamanan saat berkendara, antara lain fitur Cruise Control. Fitur ini merupakan fitur yang membuat kendaraan dapat berjalan dengan kecepatan tertentu tanpa harus menginjak pedal gas.

Fitur ini disematkan di All New Ertiga Hybrid untuk memberikan kemudahan bagi pengendara bila ingin berada pada kecepatan tertentu dan bahan bakar mobil lebih irit karena posisi gas yang stabil.

“Untuk mengaktifkan fitur ini cukup mudah, pengendara harus memastikan tombol cruise yang ada pada stir sudah aktif,” kata Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, dalam rilis yang diterima media ini, Senin, 4 Juli 2022.

Kemudian fitur Cruise Control. Menurut Donny, fitur ini bisa berfungsi pada kecepatan lebih dari 43 Km/jam pada transmisi otomatis dan pada transmisi manual akan aktif pada posisi gigi 3 sampai 5.

Apabila Cruise Control tidak aktif namun mesin masih hidup, cukup tekan Res+ maka fungsi Cruise Control aktif kembali. Pada fitur ini, apabila ingin menambah kecepatan cukup tekan Res+ dan jika ingin mengurangi kecepatan tekan Set-.

“Cara penggunaan fitur ini adalah injak pedal gas guna mengakselerasi kecepatan, kemudian lepas pedal gas maka kecepatan akan kembali pada kecepatan yang sudah di set sebelumnya. Untuk me-non aktifkan fitur ini, tekan cancel atau dengan injak pedal rem,” tuturnya.

Selain itu ada fitur Gear Shift Indicator, dimana fitur ini disematkan untuk memberikan indikasi posisi gigi yang paling ekonomis dalam konsumsi bahan bakar All New Ertiga Hybrid. Cara membacanya pun cukup mudah, yaitu apabila lampu panah ke atas menyala putih maka disarankan posisi gigi dipindahkan ke satu gigi di atasnya.

“Apabila lampu panah tidak menyala putih, maka posisi gigi saat ini adalah posisi yang tepat paling ekonomis dalam konsumsi bahan bakar. Terakhir, apabila lampu panah ke bawah menyala putih, maka disarankan posisi gigi dipindahkan satu gigi di bawahnya,” terangnya.

Dikatakan Donny, All New Ertiga Hybrid juga dilengkapi dengan fitur Guide Me Light yang berguna untuk memandu pemilik kendaraan saat akan masuk atau keluar mobil di tempat yang minim cahaya atau gelap. Cahaya yang digunakan adalah berasal dari pancaran sinar lampu utama mobil.

Pengendara yang sedang mencari atau menuju kendaraan (to car), harus memastikan tuas lampu utama pada posisi auto. Kemudian saat akan masuk mobil, buka pintu mobil dengan remote maka lampu utama akan tetap menyala selama 10 sampai 30 detik dan setelah itu akan mati secara otomatis.

“Sedangkan pengendara yang akan meninggalkan kendaraan (to home), harus memastikan tuas lampu utama pada posisi auto dan tuas kanan digerakkan 1x seperti akan memberikan lampu dim. Kemudian saat keluar mobil, kunci pintu mobil dengan remote dan lampu utama akan tetap menyala selama 10 sampai 30 detik dan setelah itu akan mati secara otomatis,” jelasnya.

Electronic Stability Programme (GX), lanjut Donny, Fitur ini merupakan teknologi yang memadukan antara pengereman optimal dan kestabilan saat melaju di jalan yang licin dan berbelok, mencegah over steer dan under steer. Maka dari itu All New Ertiga Hybrid akan menjadi lebih aman karena dilengkapi dengan ESP yang memberikan kestabilan saat melewati jalanan yang licin dan berbelok.

Dan dengan fitur Hill Hold Control (GX-AT), All New Ertiga menjadi lebih aman saat digunakan untuk melewati jalanan yang menanjak karena dilengkapi dengan Hill Hold Control. Fitur ini berguna untukmengaktifkan rem secara otomatis dan menahan sementara selama tiga detik saat akan melaju di jalan yang menanjak, sehingga mobil tidak bergerak mundur.

“Ada juga fitur Auto Retractable Outside Mirror untuk All New Ertiga Hybrid GX maupun SS, membuat mobil lebih praktis, karena spion akan terlipat otomatis saat pengendara mengunci pintu dan spion otomatis terbuka saat pengendara menyalakan mesin,” tuturnya.

All New Ertiga Hybrid juga dilengkapi dengan berbagai fitur lainnya, yakni New Antenna Type,
New Alloy Wheel Black Polish Design, New MID Design, New Interior Ambience Color, New Interior Ornament, New Color Seat Material, New Backdoor Garnish Design New “Hybrid” Emblem, dan New Mellow Deep Red Color.

All New Ertiga Hybrid mengutamakan kenyamanan berkendara untuk penumpang dan pengendara dengan basis yang menggunakan sasis monokok, sehingga lebih nyaman karena suspensinya yang empuk.

Selain itu, Keyless + push start/stop button untuk memudahkan pengendara, 2nd row armrest untuk penumpang baris tengah guna memanjakan penumpang, ventilated cup holder, kapasitas bagasi yang besar dan head unit sebesar delapan inch.

All New Ertiga Hybrid memiliki faktor pendukung dalam efisiensi bahan bakar, yaitu mesin K15B yang lebih bertenaga dan irit bahan bakar dengan standar EURO4.
Kehadiran MID (Multi Information Display) yang menampilkan informasi rata-rata konsumsi BBM, real time konsumsi BBM, dan informasi temperatur luar.

Juga menggunakan Integrated Starter Generator (ISG) dan Lit-Ion Battery yang dapat membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien karena dapat menghidupkan komponen kelistrikan saat mesin dalam posisi engine auto stop.

Fungsi dan kelebihan LMPV Hybrid di Indonesia, yaitu menawarkan kemampuan kendaraan dalam menampung banyak penumpang. Mobil ini cocok untuk menunjang aktivitas keluarga karena didesain dengan mengutamakan kenyamanan dalam penggunaan sehari-hari.

LMPV Hybrid ini juga cocok digunakan dalam menunjang aktivitas keluarga saat kondisi perjalanan sedang macet, misalnya seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan kota lainnya yang terkenal dengan kemacetannya.

LMPV sendiri dapat menampung hingga tujuh penumpang ketika berkendara, serta dapat menyimpan barang jika tidak sedang membawa tujuh penumpang. Karakteristik mobilnya yang luas dan nyaman menjadikan LMPV sebagai salah satu jenis mobil yang digemari masyarakat Indonesia.

Untuk fitur penting dalam LMPV, yaitu Kabin yang luas dan nyaman untuk orang dewasa hingga baris ke-3, keselamatan saat berkendara, mengutamakan kenyamanan berkendara untuk penumpang dan pengendara, efisiensi bahan bakar, sparepart pendukung atau pengganti yang mudah dicari.

Sedangkan kelebihan dari All New Ertiga Hybrid, yaitu konsumsi bahan bakar lebih efisien, biaya operasional yang lebih terjangkau, nyaman saat berada di jalanan yang macet, dan ramah lingkungan.

Sebagai penegasan, All New Ertiga Hybrid hadir dengan tetap mengedepankan konsep A.M.I.N (Aman, Mewah, Irit, Nyaman) yang diadopsi dari All New Ertiga sebelumnya. (*)

  • Bagikan