Bupati Aru Harap Pembanguan Bus Air Roro Dipercepat

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — PASURUAN, — Bupati Kepulauan Aru, dr. Johan Gonga, berharap agar pembangunan Bus Air Roro KMP Aru Maju 01 dan KMP Aru Maju 02 di Pasuruan, Jawa Timur, segara dipercepat agar dapat melayani jalur transportasi laut masyarakat di Bumi Mutiara Indah-Cendrawasih Lestari.

“Momentum keel laying ini sangat kami apresiasi, dengan harapan agar pembangunan KMP Aru Maju 01 dan KMP Aru Maju 02 ini dapat dituntaskan sesuai target yang telah ditetapkan dalam kontrak, sehingga dapat dimanfaatkan masyarakat kami,” harap Bupati dalam sambutannya saat menghadiri acara keel laying di Pasuruan, Kamis, 23 Juni 2022.

Dikatakan Bupati, karakteristik wilayah Kabupaten Kepulauan Aru terdiri dari 547 pulau, delapan di antaranya adalah pulau kecil terluar, sekaligus beranda depan NKRI. Selain itu, infrastruktur jalan masih belum dapat menghubungkan 89 pulau berpenghuni, yang secara administrative terdiri dari 10 kecamatan dan 119 desa/kelurahan.

Kondisi ini telah memberikan dampak bagi akselerasi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Apalagi, lanjut Bupati, sebelum menjabat sebagai bupati di periode I masa pengabdian tahun 2016-2021, belum ada sarana transportasi reguler yang menghubungkan antara desa ke kecamatan, maupun kecamatan ke ibukota kabupaten.

“Menyikapi kondisi tersebut, maka isu perhubungan menjadi salah satu mainstream kami dalam penyusunan visi dan misi Kabupaten Kepulauan Aru, dan hal ini diimplementasikan secara baik oleh Dinas Perhubungan dengan memulai penyediaan transportasi reguler yang menggunakan kapal milik Pemerintah Daerah, sehingga dapat menghubungkan 51 titik singgah,” ungkapnya.

Di menjelaskan, secara presentase, memang masih sangat jauh dari memadai, sehingga perlu adanya terobosan maupun lompatan-lompatan strategis, untuk dapat memenuhi kebutuhan sarana transportasi yang aman, handal dan bermartabat, yang pada gilirannya akan memberikan dampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk itu, pembangunan Bus Air Roro ini adalah momentum pertama tapi bukan yang terakhir, sebagai bagian dari komitmen saya selaku Bupati Kepulauan Aru, untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat yang saya cintai,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan apresiasi dan menyambut baik inisiasi Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Aru dalam mengimplementasikan pencapaian visi dan misi dirinya selaku Bupati Kepulauan Aru masa bakti 20212026.

Dan khususnya Kepada Kepala BPTD Wilayah X Jawa Timur maupun Perwakilan BKI Jawa Timur, Bupati menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus, atas segala dukungan dan bantuan yang diberikan dari tahap persiapan, pelaksanaan maupun penuntasan pembangunan KMP Aru Maju 01 dan 02 ini.

“Demikian pula kepada Pak Yudi Setiawan, selaku Direktur PT. Trisetia Cipta Persada beserta seluruh tim work di galangan ini, maupun Direktur PT. Grafindo Multi Sejahtera selaku Konsultan Pengawasan,” ucapnya.

Turut hadir dalam pembukaan acara keel layin KMP Aru Maju 01 dan 02 di antaranya, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Aru beserta tim, Direktur PT. Trisetia Cipta Persada, Kepala BPTD Wilayah XI Jawa Timur atau yang mewakili, Perwakilan BKI Jawa Timur, dan Direktur PT. Grafindo Multi Sejahtera selaku Konsultan Pengawasan. (RIO)

  • Bagikan