Bupati Minta IKAPATTI Ambil Peran Dalam Pembangunan Di SBT

  • Bagikan

BULA – Bupati Seram Bagian Timur Abdul Mukti Keliobas meminta Ikatan Alumni Universitas Pattimura (Ikapatti) mengambil peran dalam pembangunan di kabupaten yang dipimpinnya itu. Sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia timur khususnya Maluku yang telah melahirkan banyak sumber daya manusia dan tersebar di berbagai sektor, alumni Unpatti dianggap mampu mengambil peran dalam berbagai aspek pembangunan. Apalagi kini Ikatan Alumni Universitas negeri termuka di Maluku itu telah terbentuk di kabupaten penghasil minyak itu.

“Semoga kehadiran alumni universitas Pattimura sebagai insan akademis yang telah mengambil peran penting dalam banyak aspek pembangunan bangsa dan Maluku secara umum dengan berbagai bidang keilmuan dan pengetahuan itu bisa secara bersama, bersinergi melakukan loncatan dan percepatan dalam memajukan Kabupaten Seram Bagian Timur,”ujar bupati dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris daerah Drs. Jafar Kwairumaratu pada acara halal bihalal Ikapatti Kabupaten SBT yang digelar di gedung serbaguna dinas kesehatan pada Senin, 20 Juni 2022 petang.

Menurut bupati, meski organisasi tersebut baru terbentuk namun karya dan karsa para alumni Unpatti telah banyak menyelesaikan berbagai macam persoalan pembangunan dan persoalan sosial kemasyarakatan. Namun demikian, bupati mengingatkan para alumni dari perguruan tinggi negeri itu yang saat ini berada ditengah-tengah masyarakat untuk selalu mengedepankan nilai-nilai luhur “Orang Basudara” sebagai pranata sosial masyarakat Maluku.

“Saya mengajak kita semua untuk selalu membawa nama baik dan menjaga citra serta pengakuan kebesaran universitas pattimura dimanapun dan sebagai apapun kita dengan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai luhur kehidupan orang basudara yang merupakan pranata sosial masyarakat Maluku,”pintah bupati.

Alumni fakultas perikanan Unpatti ini juga mengajak seluruh insan Ikapatti yang tersebar dari Sabang sampai Merauke agar hendaknya mampu berdiri menjadi solusi dari berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat. Agar kehadiran alumni Unpatti dapat bermanfaat bagi Nusa dan bangsa.

“Untuk dapat mencapai tujuan dan cita cita tersebut maka, saya berpesan kepada para alumni Unpatti yang ada di nergeri ini atau dimana saja berada, hendaklah kehadiran kita pada satu tataran kehidupan ditengah masyarakat, haruslah menjadi solusi dari berbagai persoalan. Jadilah problem solver, jangan jadi problem maker,”pesan bupati dua periode ini dalam sambutannya.

Sementara itu ketua Ikapatti Kabupaten SBT, Agil Rumakat dalam sambutannya menjelaskan,  terbentuknya organisasi tersebut di kabupaten Seram Bagian Timur secara resmi dimulai pada bulan Oktober tahun 2021 sesaat setelah pengurus pusat Ikapatti yang berkedudukan di Kota Ambon dilantik. Saat itu ketua umum Ikapatti yang baru dilantik, Muhammad Marasabessy dan sekjen Agustinus Ufie meminta dirinya dan sejumlah alumni lain untuk memimpin Ikapatti SBT.

“Saya diberikan mandat oleh ketua umum dan sekertaris jenderal tertanggal 18 Oktober 2021, saya sebagai ketua dan bapak Ansar Wattimena sebagai sekretaris, anggotanya sekitar 10 orang. Diberikan mandat untuk menyusun kepengurusan alumni Unpatti. Kami ingin alumni yang ada diberbagai unsur terlbat dalam kepengurusan ini,”katanya.

Menurutnya, terbentuknya organisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi dan kebersamaan antar sesama alumni. Oleh karena itu, ia meminta semua alumni khususnya yang ada di daerah itu agar tidak berpikir tentang hal-hal lain terutama kaitannya dengan berbagai isue politik.

“Kegiatan organisasi ini lebih kepada kebersamaan, rasa memiliki, jangan dibawa kepada kepentingan politik atau dibawanya ada pengembangan politik didalamnya. Jangan pula berpikir bahwa alumni ini adalah satu gerbong uji pantas dengan alumni-alumni yang lain,”sebut dia.

Wakil ketua DPRD kabupaten SBT ini berharap, dengan pemikiran intelektual yang dimiliki, kehadiran Ikapatti dapat membantu pemerintah daerah dalam membangun daerah itu demi mensejahterakan masyarakat di bumi berjuluk Ita Wotu Nusa.

“Kami hadir disini sesuai tema yang ada, seluruh potensi yang kami miliki akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk berikhtiar membangun Kabupaten Seram Bagian Timur,”ungkap dia.

Acara halalbihalal Ikatan Alumni Universitas Pattimura Kabupaten Seram Bagian Timur dihadiri ratusan alumni didaerah itu. Kegiatan ini dirangkai dengan tausiyah yang dibawakan oleh Habib Rifqi bin Idrus Alhamid. (RIF)

  • Bagikan