Dukung Peningkatan Produktivitas; PLN Peduli Bantu UMKM di Desa Rutah

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — PLN melalui program PLN Peduli atau program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN kembali berpartisipasi dalam peningkatan produktivitas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Kali ini, PLN memberikan bantuan kepada 2 UMKM di Desa Rutah yakni KruPIKK Buah Naga dan Jajanan Mama Bhabin dengan total bantuan senilai 140 juta rupiah.

Adapun bantuan yang diberikan berupa peralatan-peralatan produksi dari kedua UMKM yang menjual berbagai makanan ringan ini.

Ketua kelompok UMKM KruPIKK Buah Naga, I Gusti Made Ayu Sri Udiani, menyampaikan terima kasihnya kepada PLN yang telah memberikan bantuan serta kesempatan untuk mengambil peluang dari hasil produksi buah naga yang melimpah yang kemudian diolah menjadi jajanan yang lebih modern.

“Kami melihat peluang pembuatan kerupuk buah naga paska peningkatan hasil panen buah naga setelah dilistriki dengan listrik PLN,” ujar Ayu, Selasa,31 Mei 2022.

Pihaknya pun menambahkan, dengan adanya bantuan dari PLN ini meringankan dan memudahkan proses produksi KruPIKK Buah Naga.

“Sebelumnya proses pembuatan KruPIKK masih dilakukan secara manual. Setelah mendapatkan bantuan dari PLN, semua proses menjadi terelektrifikasi yang tentu saja sangat memudahkan kami”, tambahnya.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Kelompok UMKM Desa Rutah, Sri J. Latarissa, mengucapkan rasa syukur karena atas bantuan dari PLN yang dapat bermanfaat untuk pengembangan usahanya.

“Dengan adanya program PLN Peduli yang memberikan bantuan langsung kepada pengembangan UMKM di desa kami ini, tentu kami sangat terbantu dalam hal percepatan proses produksi dan meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi”, tutur Sri.

Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Hermes E. Mozes Ansanay mengatakan bahwa UMKM merupakan garda terdepan dalam pertumbuhan ekonomi saat ini. Melalui program PLN Peduli ini, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas serta pendapatan masyarakat di Desa Rutah.

“Bantuan yang diberikan melalui program PLN Peduli ini juga kami kemas dengan konsep Electrifying Lifestyle. Tentunya kami harap dengan menggunakan listrik dapat mempermudah dan mempercepat proses produksi yang semula masih konvensional sekaligus berkontribusi terhadap penggunaan energi yang hijau”, ujar Hermes.

Tidak hanya itu, PLN juga membantu menghubungkan kedua UMKM ini dengan pasar secara digital untuk perluasan pemasaran melalui market place PLN pada aplikasi PLN Mobile.

“Upaya ini dilakukan agar produk UMKM tidak hanya dikenal di Kabupaten Maluku Tengah saja tetapi dikenal di seluruh pelosok negeri”, tutup Hermes.

Sekilas Tentang PLN

PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi  menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.(CIK)

  • Bagikan