Sambut Milad PKS dan Hari Kartini; Saadiah Gelar Lomba Kreatifitas Masak

  • Bagikan

AMBON — Anggota komisi IV DPR RI, Saadia Uluputty menggelar lomba kreatifitas masak berbahan dasar Ikan, di Negeri Asilulu, Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Minggu 17 April 2022.

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang ke-20 pada Rabu 20 April 2022, sekaligus memperingati hari Kartini yang jatuh 21 April 2022, besok.

Lomba kreatifitas masak berbahan dasar ikan itu diikuti oleh Ibu-ibu dari Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) di negeri setempat. Kegiatan itu juga dihadiri langsung oleh Sekretaris Wilayah PKS Provinsi Maluku, Abdul Gani Lestaluhu.

Saadiah Uluputty dalam kesempatan tersebut menyampaikan, lomba yang digelar merupakan momentum untuk berbagi ilmu dan keterampilan kepada ibu-ibu, bahwa ikan tidak hanya dimasak sebatas pengalaman dan pengetahuan secara turun temurun, namun dapat diolah menjadi produk unggulan, seperti sosis ikan, nagget ikan, abon dan lainnya.

“Berbagai produk bisa dibuat dengan bahan dasar ikan yang mudah dijangkau. Tinggal bagaimana kita kreatif dan inovatif dalam mengolahnya tanpa menghilangkan cita rasa ikan,” kata Uluputty.

Menurutnya, ikan sangat penting dikonsumsi karena memiliki kandungan gizi yang bermanfaat besar bagi kesehatan. Ikan juga mengandung banyak protein di banding produk hewan lain. Sebab ikan mengandung asam omega 3 tinggi untuk perkembangan mata, otak dan jaringan syaraf serta memiliki kandungan gizi yang lengkap.

Ikan memiliki peran penting bagi ibu hamil, 1.000 hari pertama kehidupan, perkembangan otak anak dibawah usia dua tahun, usia remaja serta lanjut usia. Banyak mengkonsumsi ikan juga dapat mencegah stunting dan gizi buruk.

“Memang secara umum tingkat konsumsi ikan di Maluku cukup tinggi yaitu 72 kg/kapita. Hanya saja tingkat stunting dan gizi buruk masih cukup tinggi juga yaitu 30 persen,” jelasnya.

Saadia menyebut, ikan sebagai sumber bahan pangan sehat juga berperan mengurangi beban penyakit sehingga dapat mewujudkan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik dan meningkatkan produktivitas dan daya saing.

“Ini harus dikampanyekan untuk menumbuhkan kreativitas dalam mengolah ikan untuk perbaikan gizi keluarga dan masyarakat. Lewat momentum ini, saya juga ingin menyampaikan selamat Milad Partai Keadilan Sejahtera yang ke-20,” terangnya.

Kegiatan yang dilaksanakan masih terbatas karena diikuti oleh dasawisma. Meski begitu, Srikandi PKS itu berharap kedepan masyarakat negeri setempat, khususnya ibu-ibu bisa mengikuti kegiatan yang lebih besar.

“Walaupun kegiatannya terbatas, tapi bisa dijadikan sebagai momentum berbagi ilmu dan keterampilan mengolah berbagai produk makanan dengan berbahan dasar ikan,” tandasnya. (SAH/ADV)

  • Bagikan