Berita Utama

Walikota Target Ambon Jadi Kota Wisata

WALIKOTA Ambon, Richard Louhenapessy, me­ngi­n­­gin­kan agar tepat pada tahun 2020 menda­tang, Kota Ambon menjadi salah satu kota destinasi pariwisata di Indonesia. Di mana, tepat pada tahun itu, Kota Ambon akan tenar bagi wisatawan, baik dalam maupun luar negeri, sehingga menjadi tujuan utama kota wisata di Indonesia.

Guna mencapai tujuan itu, salah satu program pembangunan yang kini dirancang pada tahun 2018 hiingga 2019 mendatang, yakni membenahi seluruh sarana dan prasarana umum di daerah ini.

Menurut Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, komitmen dalam mewujudkan Ambon sebagai kota tujuan wisata akan terus berjalan. Kata dia, salah satu dari objek penunjangnya adalah menyiapkan tempat nginap seperti hotel bagi para pengunjung yang datang di Kota Ambon.

“Kita hari ini atas undangan dari ouner atau pemilik Hotel Cantika ini, saya beserta staf datang untuk melihat sekaligus memastikan pembangunan hotel tersebut. Saya bahagia bahwa pada waktu dekat nanti, kita sudah punya lagi sebuah hotel dengan standar bintang empat dan berskala internasional,” kata dia.

Dalam waktu dekat, Hotel Cantika akan segera selesai. Hotel yang dikelola oleh Cantika grup itu dibangun dengan standar hotel bintang empat dan bertaraf internasional. Cantika Grup ini sudah dikenal secara nasional maupun internasional.

Oleh karena itu, maka pemkot telah meninjaunya secara langsung untuk memastikan progres pekerjaannya. Selain sebagai Hotel, kata Walikota, pihaknya juga telah meninjau langsung fasilitas lainnya yang juga ada pada satu bangunan, yakni Mall dan juga restaurant dan juga ruangan lainnya. Dan menurut pihak pemkot pembangunannya sangat menjanjikan dalam prospek pembangunan pariwisata kedepan di Ambon.

“Dari hasil tinjauan itu, kita juga mendorong pembangunan infrastruktur tersebut bisa berdampak pada lingkungan kita, antara lain misalnya dalam merekrut tenaga kerja baik soal keterampilan, keamanan dan lainnya bisa dibicarakan agar kalau bisa memanfaatkan sumberdaya manusia yang ada di Ambon,” ujar dia.

Komitmen tersebut kata Walikota akan dibicarakan lebih lanjut dengan pihak manajemen Hotel Cantika. Dan dari mereka juga berharap seperti itu. Namun yang jadi persoalan adalah menyangkut dengan sumberdaya. Sebab, orientasi dari pembangunan ini adalah bisnis. “Jadi tidak mungkin mereka mau menerima karyawan yang baru mulai dari nol, tetapi mereka mau menerima yang siap jadi untuk itu.

Dan ini adalah sebuah tantangan bagi Pemkot, apakah melalui BLK atau lewat kerjasama untuk kita bisa mempercepat dalam mempersiapkan tenaga kerja menyambut 2020,” kata dia. (R1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

To Top