Hukrim

Tiga Tersangka Korupsi KUD Kekerissa Segera Limpah Penuntutan

TIM Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambon segera melimpahkan tiga tersangka korupsi bantuan dana dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) pada Koperasi Unit Desa (KUD) Kakerissa, Negeri Abubu, Kecamatan Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) beserta barang buktinya ke Penuntut Umum (Tahap II).

Tiga tersangka itu, Ketua KUD Kekerissa Pieter Peilouw beserta Sekretarisnya Jhon Lolopua dan Bendaharanya Frans Lekahena. Sebab, berkas ketiga tersangka itu masih diteliti Penuntut Umum (tahap I) dan hampir selesai.

“Dalam waktu dekat sudah kita limpahkan ke tahap II untuk selanjutnya dilimpahkan ke pengadilan guna disidangkan,” ucap Kepala Kejari Ambon Robert Ilat, saat dikonfirmasi wartawan, via selulernya, Jumat, 20 April 2018.

Ia menjelaskan, dalam proses tahap II nanti, ketiga tersangka korupsi bantuan dana dari LPDB pada KUD Kakerissa tahun 2010 – 2015 sebesar Rp 254. 679.933 dari total anggaran sebesar Rp 500 juta lebih yang bersumber dari Kementerian Koperasi itu, juga akan ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Ambon demi kepentingan penuntut umum.

“Karena ditahap penyidikan ketiga terdakwa ditahan di Rutan sejak 20 Maret 2017, maka ditahap penuntutan juga nanti pasti ditahan di Rutan,” katanya.

Untuk diketahui, Tim Penyidik Kejari Ambon menemukan adanya indikasi penyelewengan anggaran LPDB lantaran KUD Kekerissa baru menyetor Rp 278.329.933 kepada Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN), sisanya Rp 254.679.933 belum disetor hingga saat ini. (RIO)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

To Top