Edukasi

Siswa MTsN Ambon Raih 5 Medali Di Ajang Sains Olimpiade Unpatti

Rakyat Maluku – SISWA Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Ambon, kembali mengukir prestasi pada ajang Olimpiade Sains se-Maluku yang digelar Fakultas MIPA,Universitas Pattimura Ambon dalam rangka Dies Natalis ke 20 Tahun 2018.

Dari 12 siswa yang diutus, 5 siswa berhasil membawa pulang 5 medali. Prestasi yang dicapai ini sekaligus memperkokoh posisi MTsN Ambon dalam lingkaran juara selama empat tahun lomba sains dilaksanakan.

Kepala MTsN Ambon, Kusnadi Umar mengatakan, meski tidak ada medali emas yang diraih tahun ini namun satu medali perak dan empat medali perunggu membuktikan bahwa eksistensi dan kemampuan siswa MTsN Ambon masih mampu bersaing dengan siswa lainnya.

“Jika dibandingkan dengan tahun kemarin, prestasi tahun ini sedikit mengalami penurunan. Tahun kemarin 7 medali berhasil kita rebut. 1 Medali emas, 2 perak dan 4 perunggu. Tahun ini kita hanya berhasil mendapatkan 1 perak dan 4 perunggu. Memang dari sisi kualiatas dan kuantitas ada penuruan. Ini disebabkan kurangnya persiapan lantaran guru dan pihak sekolah fokus terhadap UNBK dan Akreditasi. Meski demikian, capaian oleh siswa menjadi kebanggan bagi kami,”ujar Kunadi, Minggu, 29 April.

Dikatakan, menurunnya kualitas dan kuantitas dari prestasi siswa tahun ini menjadi tantangan tersendiri bagi MTsN Ambon untuk kedepan mempersiapkan siswa lebih matang.”Ini menjadi catatan penting bagi kami. Apa yang sudah dicapai tahun ini akan kami evaluasi sehingga siswa kedepan dibina lebih mantap lagi,”kata Kusnadi.

Menurutnya, ajang lomba Sains telah menjadi agenda rutin tahunan untuk diikuti oleh siswa MTsN Ambon. Pihak sekolah pun telah menunjuk guru-guru berkompeten di masing-masing bidang Mata Pelajaran guna memberikan pembinaan secara intens.”Kami sudah empat tahun terlibat dalam kompetisi Sains ini. Hasilnya sangat positif. Siswa kami pada umumnya berhasil masuk atau berada dalam lingkaran juara dengan meraih sejumlah medali,”ungkap Kusnadi.

Koordinator Pembina Lomba Oliempiade Sains MTsN Ambon, La Mbau mengatakan, MTsN Ambon mengutus 12 siswa untuk ikut berkompetisi pada lomba Oliempiade Sains yang digelar pada tanggal 8 Maret 2018 kemarin. Di babak penyisihan 7 dari 12 siswa peserta berhasil masuk pada babak final dan lima siswa berhasil meraih lima medali.

Kelima siswa peraih medali itu yakni, Nur Inda Fitri Kaimudin, Aisyah Vidya Putri, Siti Halima Sangaji, Nahda Masyita dan Nurul Aziza R. Marasabessy.”Medali perak diraih oleh Nur Indah Fitri Kaimudin pada bidang lomba Fisika. Sementara empat siswa lainnya berhasil menyumbang dua medali perunggu pada bidang lomba Matematika, satu perunggu bidang lomba Fisika dan Biologi satu perunggu,’ujar La Mbau.

Penyerahan medali kepada siswa peraih prestasi dilakukan langsung Plt Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua, berlangsung di SMA Negeri Siwalima Ambon, Jumat 27 April kemarin. (CIK)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

To Top