Berita Utama

Pulau Banda Ditetapkan Lokasi Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tingkat Nasional

Rakyat Maluku – DALAM rangka memperingati Hari Sum­pah Pemuda pada 28 Oktober 2018, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi telah memberikan keper­cayaannya kepada DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Maluku dibawah kepemimpinan Muhammad Faisal Saihitua selaku ketua dan Saka Ririhena selaku sekretaris, agar dapat ber­sama-sama menyelenggarakannya di Pulau Banda, Maluku.

Menurut Sekretaris DPD KNPI Ma­luku Saka Ririhena, dipilihnya Pulau Banda sebagai tempat berlangsungnya Hari Sumpah Pemuda secara nasional oleh Menpora Imam Nahrawi, lantaran Pulau Banda selain tempat wisata, juga merupakan tempat bersejarah penga­singan tokoh Pahlawan Nasional Muhammad Hata yang akrab disapa Bung Hata.

“Kediaman Bung Hata nantinya akan dijadikan sebagai tempat berlangsungnya Hari Sumpah Pemuda. Kita usahakan Presiden Jokowi juga bisa sama-sama hadir. Setidaknya ini bisa menjadi momentum terbaik bagi pemuda dalam mengenal sejarah pejuang para pahlawan kita,” ucap Saka, dalam jumpa pers di Ambon, Minggu, 29 April 2019.

Dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda nanti, lanjut Saka, Menpora Imam Nahrawi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Maluku Semy Huwae bersama-sama dengan pengurus DPD KNPI Maluku, akan mengelar berbagai lomba, diantaranya lomba diving, lomba esay dan lomba karya ilmiah bagi pelajar di tingkat SMA/sederajat, dengan mengambil tema “Hari Sumpah Pemuda Dan Pulau Banda”.

“Untuk menindaklanjuti hal ini, maka kami dari KNPI akan bertemu dengan Sekda Maluku Hamin Bin Tahir.
“Olehnya itu, untuk sama-sama mensukseskan Hari Sumpah Pemuda, maka kami meminta du­kungan penuh dari Stakhholeder dan masyarakat Maluku. Sebab, melalui acara tersebut telah mem­bantu pemerintah daerah maupun pusat untuk men­datangkan investor,” harap Saka.

Ia menjelaskan, dalam pertemuan silaturahmi antara Menpora Imam Nahrawi, Kadispora Maluku Semy Huwae dan pengurus DPD KNPI Maluku di Ambon beberapa hari lalu, banyak usulan yang telah disetujui. Diantaranya, bantuan lapangan bola di Negeri Tulehu dan rehap Stadion Mandala Remaja di Karpan.

“Menpora juga sudah mengiakan agar membuat Menpora Cup di daerah. Sehingga, saat ini sudah waktunya pemuda harus memberikan kontribusi kepada pemerintah,” jelas Saka. (RIO)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

To Top