Uncategorized

Presiden Putuskan Pembangunan Kilang Blok Masela Di MTB

BERDASARKAN hasil rapat bersama dengan delapan kementerian, yang turut dihadiri oleh Pemerintah Provinsi Maluku, dalam hal ini Sekda Hamin Bin Taher, SKPD pemprov, serta Pemerintah MTB bersama SKPD, dalam rapat tersebut telah ditetapkan Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) sebagai lokasi pembangunan seluruh fasilitas kilang gas alam cair (LNG) Blok Masela.

“Ini sudah final ya. Dan sudah ada Keputusan Presiden untuk hal ini. Jadi tidak ada kaitan dengan Pilgub Maluku. Siapapun Gubernur Ma­luku nantinya, pembangunan LNG Blok Ma­sela tetap di MTB, “tegas Bupati MTB Petrus Fatlolon, kepada Rakyat Maluku di Ambon, Sabtu 31 Maret 2018.

Mengenai titik lokasi LNG Blok Masela sendiri, ungkap Bupati Fatlolon, bahwa terdapat tiga opsi pilihan yakni berada pada kawasan Saumlaki Barat, Saumlaki Timur serta Selaru. Akan tetapi kemungkinan besar untuk daerah Selaru, tidak bisa dibangun untuk kepentingan Blok Masela, karena kawasan tersebut dijadikan sebagai markas pertahanan keamanan untuk wilayah Maluku bagian selatan oleh TNI AD, AU dan AL.

Saat ini, kata Fatlolon, INPEC sementara mem­per­siapkan survey patry – metry untuk mengetahui daya dukung lahan. Dan survey tersebut akan dilakukan pada awal bulan April ini dan nantinya akan melibatkan kontraktor surveior berpengalam dan telah ditentukan langsung oleh INPEC sendiri.

“Luas lahan untuk pembangunan LNG Blok Ma­sela seluas 600 hektar, “jelas Fatlolon. Dengan demikian, Fatlolon, memastikan baik Pemkab MTB maupun Pemprov Maluku telah siap untuk menyediakan lahan tersebut dalam rangka pengembangan fasilitas Blok Masela di Bumi Duan Lolat. (YAS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

To Top