Ambonesia

Pemkot Ambon Akan Canangkan Kegiatan Car Free Day

Rakyat Maluku – DALAM rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2018, Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan Kota Ambon akan melaksanakan kegiatan sehari tanpa kendaraan bermotor (car free day) pada hari Minggu 22 April 2018 mendatang. Hal ini disampaikan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis 19 April 2018.

Menurut dia, pencanangan kegiatan tersebut sebagai tindaklanjut dari Kebijakan nasional dalam rangka alam rangka memperingati HPSN. Dimana, diharapkan di tahun 2025 Indonesia akan bebas sampah.

“Pengertian bebas sampah itu bukan berarti tidak lagi ada sampah, tetapi tingkat kkesadaran masyarakat terhadap sampah itu betul-betul sudah mencapai puncaknya,” ujar Walikota.

Dalam rangka menuju Indonesia bebas sampah di 2025 itu, kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan lalu memberikan beberapa kegiatan yang mengarah ke 2025 itu. Dimana, satu diantaranya adalah melaksanakan HPSN yang jatuh pada tanggal 21 Februari. Sehingga setiap tanggal 21 Februari itu dilaksanakan apa yang dinamakan hari peduli sampah nasional.

“Sampah itu jangan dilihat sebagai musuh, tapi sampah tersebut harus dilihat sebagai kawan. Sebab dari sampah itu bisa menghasilkan sebuah potensi ekonomi yang sangat potensial bagi masyarakat,” jelas dia.

Dalam kaitan itu, Kemeterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menetapkan untuk tahun ini dalam rangka memperingati hari peduli sampah nasional, lalu dilaksanakan salah satu program, yaitu Car Freee Day. Dan di Kota Ambon sendiri, car free day yang akan berlangsung tersebut, berlokasi di jalan A.Y.Patty Ambon mulai pukul 06.00-10.00 WIT.

“Berbagai aktivitas akan ikut memeriahkan event tersebut, diantaranya Panggung Hiburan Seni dan Tari, Dialog Publik, Senam Jantung Sehat, Fun Bike Education, serta aksi peduli sampah.” Car free day, lanjut Richard, di gunakan sebagai pencanangan bebas sampah, dimana semua stakeholders juga akan turut mendukungnya, baik itu TNI/Polri, instansi pemerintah, pihak sekolah serta masyarakat Kota Ambon.

Dikatakan, Ambon merupakan daerah atau Kota yang di tunjuk lansung oleh Ibu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai kota pencanangan, karena selama 4 tahun berturut-turut mendapat predikat sebagai kota langit biru dan terbersih di Indonesia untuk ukuran kota sedang.

“Untuk itu, kedepan nanti disetiap hari Minggu mulai pukul 06.00 – 10.00 WIT, jalan A.Y.Patty akan disterilkan dari semua kendaraan bermotor dan hanya sepeda yang boleh melewati ruas sepanjang jalan A.Y.Patty dalam rangka melaksanakaan program pemerintah tersebut,” tutup dia. (R1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

To Top