Kesehatan

Makanan dan Minuman Pengganti Kopi dan Energy Drink

MENIKMATI secangkir kopi di pagi hari adalah salah satu kebiasaan yang dianggap efektif untuk membuat anda melek dan berenergi dalam menjalani aktifitas harian.

Tidak hanya kopi, kafein dalam enery drink atau minuman berenergi juga kurang lebih sama mampu menunjukan efek yang didapatkan dari konsumsi kopi. Hanya saja, minuman berenergi sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan.

Ingin mencari pengganti kopi dan minuman berenergi untuk aktifitas pagi hari hari Anda. Berikut yang Anda butuhkan seperti diambil dari The Bored Mind:

1. Buah-buahan

Dari sekian banyak buah yang ada, apel adalah yang paling efektif dikonsumsi untuk sarapan Anda berkat kandungan fruktosa yang dimilikinya. Tidak seperti gula tambahan pada produk buatan manusia, gula alami ini dipercaya mampu membuat anda tetap terjaga.

Sementara kandungan karbohidratnya cukup membuat anda bertahan hingga jam makan siang datang. Selain itu, kandung citrus yang kaya akan vitamin C ini mampu mampu memberikan energi harian yang anda butuhkan.

2. Teh matcha

Teh ini merupakan salah satu varian dari green tea. Teh matcha mengandung setidaknya 30 hingga 40mg kafein dan kaya akan antioksidan yang dapat membantu Anda untuk tetap fokus. Kandungan L-Theanine yang dimiliki matcha dipercaya mampu membuat otak menjadi lebih relaks.

3. Coklat

Coklat yang merupakan hasil dari bubuk kokoa adalah salah satu hasil alam yang dapat membuat kita terjaga. Dark chocolate atau hot chocolate merupakan pengganti kopi yang cocok untuk Anda.

4. Makanan kaya vitamin B

Telur dan makanan berbahan gandum adalah sarapan yang dapat membuat Anda bersemangat menghadapi aktifitas harian Anda. Keduanya kaya akan vitamin, khususnya B12 yang penting bagi otak dan sistem saraf manusia.

5. Makanan kaya akan omega-3

Tidak hanya vitamin B, makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat membuat Anda terjaga untuk melalui hari Anda. Berikut beberapa makanan yang kaya akan omega-3 adalah seperti kacang-kacangan, kenari, sayuran hijau, cuka apel, dam ikan salmon. (ruf/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

To Top