Uncategorized

KPU Maluku Evaluasi Program Pilkada Serentak 2018

RAPAT Koordinasi (Rakor) yang dige­lar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pro­vinsi Maluku bersama jajaran komisioner KPU di 11 kabupaten/kota dalam rangka mensukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 yang akan berlansung. Tiga pilkada yang akan bergulir yakni Pilkada Kota (Pilkot) Tual, Pilkada Kabupaten Malra dan Pilkada Gubernur-wakil Gubernur provinsi Maluku.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun menekankan, jika Rakor yang berlansung di City Hotel, Selasa 27 Maret 2018 tersebut, bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program baik itu pemutakhiran data, sosialissa dan kampanye dan logistik.

“Dalam kegiatan ini, terdapat tiga hal yang akan kita bahas, yakni pemutakhiran data, kampanye dan sosialisasi, serta logistik. Pem­bahasan point-point tersebut dalam Rakor ini karena sangat berkaitan dengan pemantapan Pilkada. Selain itu, kita juga memproyeksikan program dan tahapan berikutnya,”kata Rifan.

Selain program dan tahapan yang akan dibahas dan dievaluasi, KPU propovinsi juga akan mengevaluasi penggunaan anggaran KPU se-Maluku terkait dengan penggunannya untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) serta Pe­tugas Pemutakhhiran Data Pemilih (PPDP).

“Ada pakta integritas penggunaan anggaran. Kita ingin tahu, sebarapa jauh pakta integritas itu menjadi sebuah sumber kekuatan atau bangunan komitmen apakah efisiensi atau tidak,”ujarnya.

Rifan juga meminta KPU kabupaten/kota untuk bekerja keras mensukseskan Pilkada. Terutama KPU Maluku Tenggara dan Kota Tual yang menyelenggaran Pilkada Gubernur, dan Pilkada Bupati dan Walikota di daerah masing-masing. “Olehnya itu, kita butuh energi yang lebih besar,”pungkasnya.

Rakor ini diikuti komisioner dan sekretaris KPU 11 kabupaten/kota, sekretariat dan komisioner KPU Provinsi. Rakor berlangsung selama 27-29 Maret2018.

Kegiatan Rakor direncanakan akan berlansung dalam beberapa hari kedepan. Kegiatan ini mendapat sambutan baik dari jajaran komisioner KPU di Maluku dalam rangka pemenantapan pentahan dan evaluasi menuju Pilkada yang berkualitas. (ASI)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

To Top