Berita Utama

Kemenag Maluku Perjuangkan Kartu Jaminan Sosial Bagi Pemuka Agama

KEMENTERIAN Agama (Kemenag) Provinsi Maluku merasa penting untuk memberikan perhatian serius bagi para pemuka agama di Provinsi Maluku.

Salah satu yang menjadi atensi Kemenag Maluku saat ini adalah memperjuangkan Kartu Jaminan Sosial Ketenagakerjaan terhadap orang-orang pilihan itu. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Maluku, Fesal Musaad mengatakan, Kemenag Maluku telah berkoordinasi dengan BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Maluku untuk bekerja sama dalam rangka menyiapkan Kartu Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada seluruh pemuka-pemuka agama di Maluku.

Koordinasi tersebut mendapat respon positif dari pihak BPJS Ketenagakerjaan dan sebagai tindaklanjutnya akan diadakan rapat bersama Kemenag Maluku dengan BPJS Ketenagakerjaan dan seluruh Pimpinan Lembaga Keagamaan pada Selasa pekan depan. Melalui Rapat bersama ini nantinya dilangsungkan penandatanganan MoU Kemenag Maluku dan BPJS Ketenagakerjaan.”Hasil koordinasi, pihak BPJS Ketenagakerjaan siap memberikan kuota 15 ribu kartu jaminan sosial ketenagakerjaan kepada seluruh pemuka agama di Provinsi Maluku,”ujar Musaad, Rabu, 21 Maret 2018.

Melalui rapat bersama nanti, Kemenag Maluku akan membagikan format pendataan kepada pimpinan lembaga keagamaan itu agar mereka dapat mengakomodir orang-orang yang bekerja mengabdikan diri untuk kepentingan agama. Selain itu, format pendataan juga nantinya disebarkan ke seluruh Kemenag kabupaten/kota guna dilanjutkan pendataan terhadap pemuka-pemuka agama di wilayah masing-masing,”Saya minta agar semua pemuka agama baik itu, Imam Masjid, Da’i, Guru Ngaji, pengelola rumah ibadah, Penghulu Masjid, Pimpinan TPQ, Pastor, Pendeta, Biksu, guru honor di lembaga keagamaan dan seluruh masyarakat yang bekerja untuk kepentingan agama agar diakomodir sehingga mereka bisa mendapatkan Kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Kartu jaminan sosial ini penting diberikan agar saat sakit, kecelakaan ataupun meninggal dunia mereka bisa mendapatkan santunan atau jaminan sosial,”pesan Musaad, sembari menambahkan atensi dan perhatian ini merupakan wujud kepedulian Kemenag Maluku untuk mense­jahterakan mereka para pemangku agama.

Untuk mendapatkan Kartu BPJS KetenagaKerjaan itu, para pemuka seluruh agama di Maluku datang me­la­por ke Kantor Kemenag kabupaten/kota cukup dengan membawa KTP dan alamat tempat tinggal.”Saya kira penting kepada mereka yang bekerja mengabdikan diri bagi kepentingan agama untuk mendapatkan perlindungan sosial,” tegas Musaad. (CIK)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

To Top