Entertainment

Glenn Fredly Hingga Fourtwnty Sambut Baik Online Musik

PERKEMBANGAN era digital membawa pengaruh besar ke industri musik tanah air. Tidak hanya layanan musik, tapi berbagai platform pun hadir untuk mendukungnya. Contohnya, dengan kehadiran Kolase.com yang merupakan situs crowdfunding atau patungan online musik pertama di Indonesia.

Raden Maulana, selaku CEO dari Kolase.com mengatakan bahwa situs ini hadir untuk memajukan industri musik. Sebab, dari tahun ke tahun industri musik Indonesia selalu dihadapi dengan berbagai permasalahan yang sama, salah satunya adalah pembajakan karya. Padahal, musisi mengeluarkan biaya produksi yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, dia menginisiasi terbentuknya Kolase.com. Dengan tujuan, mempertemukan penikmat musik dengan karya musisi tanpa harus melakukan pembajakan.

“Saya tahu seperti apa sulitnya menjadi seorang musisi di Indonesia. Saya berfikir apakah ada solusi yang tepat agar musisi dan penikmat musik bisa benar-benar menikmati hasil dari sebuah karya musik bersama. Bagaimana caranya agar musisi bisa tetap fokus berkarya tanpa harus lelah memikirkan biaya produksi di awal dan resiko yang bisa mereka hadapi jika ternyata karya mereka tidak laku di pasaran. Akhirnya saya memutuskan untuk mendirikan Kolase.com,” kata Raden Maulana saat jumpa pers di Gandaria City, Jakarta Selatan, Jumat (27/4).

Hal yang paling menantang menurut Raden saat ini adalah mengubah pola industri musik Indonesia itu sendiri. Dari yang tradisional, dimana prosesnya yang cukup melelahkan dan membutuhkan dana yang tidak sedikit, dengan sistem crowdfunding yang lebih modern dan akan sangat dibutuhkan para musisi dan pelaku industri musik di Indonesia saat ini.

“Meski saat ini pertumbuhan crowdfunding di Indonesia cukup baik, tapi pemahaman dari crowdfunding itu sendiri masih sangat kurang. Banyak yang lebih mengenal crowdfunding sebagai bentuk penggalangan dana. Padahal, crowdfunding juga merupakan bentuk revolusi dari e-commerce. Untuk itu, edukasi harus terus kami lakukan agar sistem baru ini dapat diterima dengan baik di masyarakat,” ujar Raden.

Berbeda dengan situs crowdfunding lainnya di Indonesia, Kolase.com merupakan platform crowdfunding pertama di Indonesia yang fokus terhadap musik. Selain itu, melihat kebutuhan dari para musisi di Indonesia, Kolase juga dapat memfasilitasi para musisi yang ingin mengembangkan produk 360 nya dengan membuat campaign di Kolase.

Meski fokus di bidang musik, tidak hanya musisi yang dapat membuat campaign di Kolase, dan juga bukan hanya karya musik yang campaign-nya bisa dibuat di Kolase, melainkan siapa saja yang memiliki ide kreatif di bidang musik dan ingin industri musik Indonesia menjadi lebih baik lagi kedepannya. (ded/JPC)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

To Top