KPK Lebih Berorientasi Ke Pencegahan – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

KPK Lebih Berorientasi Ke Pencegahan

  • Sejam Basaria Panjaitan Berdiskusi Dengan Redaksi Harian Rakyat Maluku

DITENGAH  padatnya aktivitas saat mengunjungi Kota Ambon selama dua hari, Wakil Ketua Komisi Pem­berantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan menyem­patkan waktu bersua dengan awak media Harian Rakyat Maluku, salah satu anak perusahaan Jawa Pos Grup di Kota Ambon, Kamis 1 Februari 2017.

Dengan menumpangi mobil Avanza hitam, Basaria Panjaitan ditemani dua ajudannya, serta beberapa pengawal dari Polda Maluku dan salah satu petugas KPK dari divisi pencegahan tiba di redaksi Rakyat Maluku pukul 11.30 WIT.

Selama hampir sejam di redaksi Rakyat Maluku, Basaria dan bersama awak redaksi yang hadir terdiri dari Pimpinan Redaksi Ahmad Ibrahim, Redaktur Pelaksana Rudy Muhrim, Koordinator Liputan Jonathan Madiuw serta dua redaktur Rakyat Maluku, mendiskusikan banyak hal tidak hanya soal program-program strategis KPK yang akan dilaksanakan di Maluku ke depan oleh tim Koordinasi Supervisi Bidang Pencehagan (Korsugah) KPK.

Tapi juga soal situasi masyarakat Maluku yang masih hidup dalam kedaan miskin ditengah kelimpahan sumber daya perikanan dan sumber daya alam lainnya seperti emas di Gunung Botak.

Perempuan pertama Indonesia yang dipercaya sebagai pimpinan KPK itu mengatakan, program KPK ke depan dalam memberantas korupsi di Indonesia akan lebih diorientasikan untuk pencegahan tindak pidana korupsi, bukan berarti proses penindakan dinomor duakan.

Alasannya, dengan pencegahan lebih menguntungkan dan menjanjikan perbaikan sistem pemerintahan di masa akan datang dari pada terus melakukan penindakan.

“Jika kita sudah melakukan pencegahan bukan berarti tidak ada penindakan, penindakan akan dilakukan ketika masih terjadi kecurangan,” ujar Basaria dalam diskusi penuh kearaban itu.

Khusus untuk Maluku, KPK sedang melakukan pemetaaan kebutuhan untuk perbaikan sistem penganggaran dilingkup pemerintah kabupaten/kota dan level provinsi, tujuannnya ada transfaransi, caranya semua program mulai dari perencanaan hingga eksekusi terintegrasi dalam satu sistem yang online.

“Jika ada kecurangan-kecurangan akan mudah ketahuan dengan sistem ini, “ katanya.

Untuk mendukung gagasan tersebut, KPK telah menurunkan tim di Maluku yang bertugas melakukan pemetaan kebutuhan ditiap aspek yang ada dalam sistem pemerintahan di daerah. Tim Kosgurah sudah bertugas selama sebulan di Ambon.

“Kita butuhkan adalah partisipasi media untuk mendukung sistem yang sedang kami buat ini,” ajak Basaria.
Tugas yang akan dilakukan Kosgurah di Maluku juga bagian dari salah satu tanggungjawab KPK untuk memenuhi keinginan publik supaya KPK ada di daerah-daerah.

Menurut Basaria, ide KPK di daerah itu bukan berarti secara stuktural akan ada kantor perwakilan KPK ditiap provinsi, atau secara organisatoris KPK akan membuka cabang-cabang di daerah. Tapi konsepnya, KPK akan selalu siap membantu pemerintah daerah dalam hal pencegahan korupsi demi terwujudnya pemerintahan yang bersih dan akuntabel.

“Seperti program yang akan dikerjakan tim Kosgurah, KPK di daerah itu tidak permanen. Tapi KPK akan tetap melakukan monitoring, pencegahan dan penindakan di daerah. Harapan kita (KPK) sih dengan keberadaan tim ini pembenahan itu bisa ada, tapi kalau masih saja ada (tindak korupsi) tetap akan ada penindakan,” tegasnya.

Selain itu, KPK juga mendorong pemerintah daerah agar mampu meningkatkan pendapatan asli daerah, pemda harus kreatif menciptakan peluang-peluang pendapatan dari pajak daerah. KPK akan selalu mendukung pemerintah dalam hal tersebut sesuai dengan tugas dan fungsi yang ada di KPK.

“Untuk pajak-pajak itu, kita dorong pemerintah supaya Pendapatan Asli Daerah terus ditingkatkan, kalau niatnya baik kenapa takut,” ajaknya.

Diakhir diskusi tersebut, Basaria meminta media ikut berperan mengawasi kinerja pemerin­tahan, walaupun masih banyak tugas dan peker­jaan rumah yang perlu dibenahi pemerintah, termasuk KPK tapi peran media sangat strategis untuk mengawal agenda-agenda pembangunan di Maluku. (ARI)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

--- CONTOH IKLAN
To Top