Assagaff Ingatkan OPD Kejar Ekspor Dan Investasi – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

Assagaff Ingatkan OPD Kejar Ekspor Dan Investasi

  • Buka Rekerda Ke-9 Di Ohoi Ngafan, Kabupaten Malra

Gubernur Maluku Said Assagaff, saat memberikan sam­bu­tan pada pembukaan rapat kerja daerah ke-sembilan di Desa Ngafan, Kecamatan Kei Besar Selatan Barat, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Kamis 1 Februari 2018, menegaskan dua hal penting bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Maluku yakni harus mampu melakukan ekspor dan menarik sebanyak mungkin investasi masuk.

SEBAB menurut Assagaff, ada beberapa cata­tan penting bagi para pimpinan SKPD-nya untuk diper­hatikan dan bisa ditindaklanjuti dalam rangma meningkatkan kualitas kinerja aparatur pemerintah daerah, guna wujudkan kesejateraan bagi masyarakat di Maluku.

“Pertama pertumbuhan ekonomi Maluku berfluk­tuatif terhadap target rencana. Namun pencapaian masih diatas pertumbuhan ekonomi nasional 5,06 per­en. Sedangkan Maluku berkisar antara 5,6 – 5,7 persen,” terangnya.

Oleh sebab itu, Assagaff mengajak SKPD-nya un­­tuk lebih bekerja keras, sehingga tahun 2018 ini pertum­buhan ekonomi Maluku bisa mencapai angka enam persen. Dan untuk mencapai angka itu, butuh dua hal penting yakni ekspor dan investasi.

Ditambahkan Assagaff, jika dalam tahun ini SKPD terkait bisa berproses untuk dokumen-dokumen ekspor, khususnya komuditi ikan dari Maluku. Maka dirinya yakin pertumbuhan ekonomi Maluku di atas enam persen.

Begitu juga untuk investasi. Dimana bila stabilitas keamanan terjamin, maka capaian itu bisa didapatkan daerah ini.

Dalam rakerda kali ini, Assagaff juga menjelaskan kalau kegiatan ini punya arti penting. Karena selain mela­kukan evaluasi terkait program perencanaan di tahun 2017 kemarin, sekaligus rencana kerja tahun 2019.

“Tahun depan adalah tahun titik penentuan, karena berakhirnya masa Rencana Kerja Jangka Menengah Daerah atau RPJMD saat ini dan merupakan tahun dan awal RPJMD berikutnya. Dan juga kita masuk tahap terakhir Rencana Kerja Jangka Panjang atau RKJP 2005 ke 2025,” tandas Assagaff.

Sementara itu, Bupati Maluku Tenggara Anderias Rentanubun, yang turut hadir dalam pembukaan rakerda diwilayahnya ini, mengatakan kalau kegiatan rakerda seperti ini sanfat inspiratif, karena bisa menyerap langsung aspirasi masyarakat di desa-desa. Oleh karena itu, pihaknya sangat berterima kasih ka­rena telah memilik Ohoi Ngafan sebagai tempat penye­langgaraan rakerda provinsi.

“Saya kira dengan perhatian pemerintah provinsi bagi kami di Malra sangatlah banyak,” tandas Ren­tanubun. (YAS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

--- CONTOH IKLAN
To Top