SUPM Ambon Terima 35 Siswa Prakerin Asal SMKN 1 Bula – Rakyat Maluku
EDUKASI

SUPM Ambon Terima 35 Siswa Prakerin Asal SMKN 1 Bula

SEKOLAH Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Waiheru Ambon menerima 35 siswa Praktek Kerja Industri (Prakerin) asal Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1. Kota Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Penerimaan siswa Prakerin tersebut ditandi dengan penyerahan yang dilakukan langsung oleh Kepala SMKN 1 Bula, Abdul Kifli Sukunora, kepada Kepala SUPM Waiheru Ambon, Ahmad Jais Ely, berlangsung diruang rapat SUPM Waiheru Ambon, Senin 22 Januari.

Disela-sela penyerahan siswa Prakerin itu, Kepsek SUPM Waiheru Ambon, Ahmad Jais Ely mengatakan, SMKN 1 Bulan Merupakan sekolah ke 17 yang mengutus siswanya melaksanakan Prakerin di SUPM. Sementara Terhitung ditahun ini, SMKN 1 Bula, merupakan sekolah pertama.’Jadi sesuai Rekomendasi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, ada 36 SMK yang sudah menandatangani MoU.

Sejak kesepakatan itu terbangun, sudah 17 sekolah termasuk SMKN 1 Bula dari 36 SMK yang akan melaksanakan Prakerin di SUPM Ambon,”ujar Ely.

Dikatakan, penerimaan siswa SMK untuk melaksanakan Prakerin tersebut merupakan bagian dari realisasi Intruksi Presiden RI Nomor 9 Tahun 2016 tentang revitalisasi SMK.”Bahwa salah satu tugas Kementerian Teknis terkait, harus menyiapkan atau memfasilitasi siswa SMK untuk melaksanakan Prakerin. Untuk itu, SUPM sebagai UPT di daerah membuka diri menerima Prakerin SMK di daerah ini.”Kata Ely.

Dia mengakui, jauh sebelum Inpres Nomor 9 Tahun 2016 dikeluarkan, SUPM Waiheru Ambon dengan berbagai kelengkapan prasarana sudah membuka diri untuk menerima pelaksanaan Prakerin.

Sebelumnya Ely menjelaskan, Prakerin merupakan proses belajar yang dpindahkan dari sekolah satu ke sekolah lain untuk memenuhi kebutuhan Kompetensi keahlianya. Untuk itu, 35 siswa akan mengikuti Prakerin telah menjadi bagian dari keluarga SUPM.”Sejak saya tandatangani Surat Prakerin maka sejak itupula 35 siswa ini menjadi anak asuh kami.”ujar Ely.

Dirinya berharap, 35 siswa SMKN 1 Kota Bula ini mampu beradaptasi dengan lingkungan SUPM Ambon. Sebab, selama sebulan keberadaan mereka tidak saja digenjot kemampuan Kompetensi keahliannya. tetapi sikap dan mental juga ditumbuhkan.”Siklus hidup di SUPM Waiheru Ambon diatur dengan waktu. Untuk itu saya harapkan mereka bisa beradaptasi. Caranya, mengikuti dan mentaati aturan yang ada. Dengan begitu, saya yakin, meskipun hanya sebulan akan memberikan kesan yang berharga.”harap Ely.

Kepsek SMK Negeri 1 Bula, Abdul Kifli Sukunora mengakui, pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) ditahun ini merupakan tahun pertama dan angkatan pertama bagi SMKN 1 Bula. Dalam angkatan Prakerin tahun ini terdapat sebanyak 107 siswa. Mereka terbagi dalam tiga Kompetensi Keahlina yakni, Kompetensi Pertanian, Kompetensi Administrasi Perkantoran dan Kompetensi Perikanan.”Untuk Kompetensi Administrasi Perkantoran dan Pertanian, Prakerinya terpusat di Kota Bula. Sementara Kompetensi Perikanan di SUPM Waiheru Ambon. “akui Sukunora.

Dirinya berharap kerja sama dengan SUPM ini akan terus berlangsung hingga tahun-tahun mendatang.”Prakerin di SUPM Waiheru Ambon merupakan Prakerin pertama bagi Jurusan Perikanan SMKN 1 Bula. Olehnya kami sangat berharap kerja sama ini terus ditingkatkan. Sehingga kedepan, siswa SMKN 1 Bula, juga bisa melaksanakan Prakerin disini.”harapnya.

Kesempatan itu, dia menghimbau kepada anak didiknya untuk segera melakukan adaptasi dan mematuhi seluruh ketentuan di SUPM Ambon selama pelaksanaan Prakerin.”Disini tidak saja kompetensi yang dikejar. Tetapi sikap dan mental juga akan dibentuk. Untuk itu, patuhilah segalah aturan yang berlaku.”imbau Sukunora. (CIK)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

--- CONTOH IKLAN
To Top