Aleg Pasuruan Soan Ke DPRD Ambon – Rakyat Maluku
AMBONESIA

Aleg Pasuruan Soan Ke DPRD Ambon

SEJUMLAH anggota legislatif (Aleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pasuruan, Provinsi Jawa Barat, melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kota Ambon, kawasan Belakang Soya, Senin, 22 Januari 2018.
Kunjungan Aleg Kota Pasuruan ini, dalam rangak mengkonsultasikan sejumlah pokok pikiran DPRD lewat hasil reses, untuk kemudian menjadi bahan referensi dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pasuruan.

Ketua DPRD Kota Pasuruan, Ismail Marzuki Hasan, mengatakan, dipilihnya Kota Ambon sebagai target kunjungan DPRD Kota Pasuruan, karena luas wilayah dan jumlah penduduknya melebihi Kota Pasuruan.

Selain itu, hal yang dinilai menarik sama dengan yang diterapkan di Kota Pasuruan, yakni aspek perekomian dan pariwisata.

“Kota Ambon hampir sama dengan kota Pasuruan. Baik lewat perekonomian maupun aspek pariwisatanya, dimana jalur perdagangan sama-sama melewati pelabuhan dan banyak peninggalan zaman Belanda,” Ismail kepada wartawan usai pertemuan dengan Komisi III DPRD kota Ambon.

Kata dia, dalam pertemuan tersebut, telah banyak masukan yang kita dapat dari DPRD kota Ambon yang akan diadopsi setelah kembali ke Pasuruan. Yakni bagaimana mengimplementasikan hasil reses untuk dimasukan dalam program-program RPJMD kota Pasuruan.

“Jadi tadi ada banyak masukan terkait pokok pikiran DPRD tentang hasil reses. Karena dalam satu tahun itu kan ada tiga kali reses. Sehingga hasilnya itu akan dituangkan dalam pokok pikiran yang nantinya dijadikan sebuah program di tahun berikutnya,” jelas dia.

Sementara Ketua DPRD Kota Ambon, James Maatita, mengatakan, pihaknya telah menyampaikan sejumlah pokok pikiran terkait hasil reses yang merupakan masukan dari masyarakat pada setiap daerah pemilihan (Dapil), yang kemudian dirumuskan dalam berbagai masukan. “Ada sifatnya rekomendasi sesuai temuan masyarakat atau yang memang dirasakan kurang memuaskan publik, bisa dirumuskan dalam bentuk rekomendasi. Dan sudah dijelaskan,” ujar James.

Politisi PDI Perjuangan itu menandaskan bahwa telah disampaikan terkait infrastruktur yang diperoleh dari hasil reses yang dapat dirumuskan dalam bentuk masukan DPRD kepada pemerintah kota selaku mitra untuk nantinya dimasukan dalam bentuk RKPD dan dibicarakan lewat Musrembang. Sehinhga tidak terkesam ada intervensi dari DPRD terhadap pemerintah kota dalam penyelenggara pemerintahan. “Jadi semuanya telah disampaikan dan ini akan sebagai pembanding bagi mereka. Karena di kota Pasuruan sudah menerapkan soal pokok pikiran yang kita sampaikan, hanya ini memperkuat dengan mencari referensi ke kota Ambon.”

Senada menurut Ketua Komisi III DPRD Ambon, Yusuf Wally, bahwa kunjungan tersebut memang merupakan bagian dari studi banding untuk bagaimana mengimplementasikan hasil reses dalam RPJMD.

“Memang mereka ingin tahu soal pokok pikiran sepeti apa dan bagaimana melanjutkan hasil reses untuk dijadikan sebagai RPJMD. Bahkan juga tadi sampaikan terkait pengawsan komisi III terhadap infrastruktur yang didapat dari hasil reses. Jika urgen, maka dimasukan sebagai RPJMD dalam pembahasan Musremban kota Ambon,”jelas dia. (R1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

--- CONTOH IKLAN
To Top