Ukur Kualitas, Disdik Kota Ambon Programkan Moving Guru – Rakyat Maluku
EDUKASI

Ukur Kualitas, Disdik Kota Ambon Programkan Moving Guru

DALAM rangka mengukur dan mendorong peningkatan kualitas tenaga guru, Dinas Pendidikan Kota Ambon bakal merealisasikan program Moving Guru.

Program ini sama halnya dengan program Moving Siswa. Dimana, guru akan dipindahkan dari sekolah satu ke sekolah lain untuk melakukan pengajaran.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Dr. Fahmi Sallatalohy mengatakan, Moving Guru merupakan salah satu rangkaian programnya dalam seratus hari kerja kedepan. Program ini nantinya diberlakukan kepada guru baik guru SD maupun guru SMP.”Ambil contoh, guru di Galunggung dipindahkan ke Kudamati untuk melakukan pengajaran. Begitupun sebaliknya. Dari situ bisa kita ketahui sejauh mana kemampuan guru tersebut dalam menerapkan metode pembelajaran atau penyampaian materi-materi. Sebab, sudah pasti kondisi sikologinya berbeda.”ujar Sallatalohy, kepada wartawan, Senin, 15 Januari.

Dijelaskan, melalui program ini, guru akan dinilai oleh murid-murid setempat. Hasil penilaian itu kemudian dievaluasi oleh pengawas kemudian akan direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan. Dengan program tersebut guru ditantang untuk lebih giat belajar sehingga mainset lokalnya bisa terbuka bagi semua orang ditempat lain.

Kesempatan itu Kadis melanjutkan, selain program Moving Guru, pihaknya juga akan melakukan program Free sekolah. Dimana program ini memanfaatkan hari Sabtu dari program lima hari sekolah untuk memberikan pilihan bebas kepada siswa dalam berkreatifitas.”Jadi, kalau yang hobi musik silahkan, yang hobi menganyam atau lainnya bisa dilakukan pada hari Sabtu itu. Intinya kita berikan waktu kepada anak-anak untuk mengembangkan bakat dan kreatifitasnya,”kunci mantan Asisten I, Pemkot Ambon ini. (CIK)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

--- CONTOH IKLAN
To Top