Idris Rolobessy Resmi Jalani Hukuman 10 Tahun Penjara – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

Idris Rolobessy Resmi Jalani Hukuman 10 Tahun Penjara

TIM Eksekusi Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambon resmi melakukan eksekusi ad­minis­trasi terhadap mantan Direktur Utama (Dirut) PT Bank Maluku-Malut, Idris Rolobessy, ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II.A Ambon di Waiheru, Selasa, 16 Januari 2018. Menurut Kepala Kejari Ambon Robert Illat, eksekusi tersebut berdasarkan perintah putusan Mahkamah Agung (MA) RI yang menjatuhkan hukuman pidana penjara kepada Idris Rolobessy selama 10 tahun, denda sebesar Rp 500 juta subsider tujuh bulan kurungan dan membayar uang pengganti sebesar Rp 250 juta subsider satu tahun penjara.

Sebab, perbuatan Idris Rolobessy terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah secara bersama-sama melakukan tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) proyek pembelian lahan dan bangunan untuk pembangunan Kantor Bank Maluku cabang Surabaya tahun 2014 sebesar Rp 250 juta dari total anggaran proyek senilai Rp 54 miliar.

“Karena terpidana Idris Rolobessy sudah berada di dalam Lapas, maka hari ini (kemarin, red) kami melakukan eksekusi administrasi saja berdasarkan putusan MA Nomor: 2061 K/Pid.Sus/2017 yang menjatuhkan hukuman pidana penjara selama 10 tahun,” ungkap Robert, kepada wartawan, ruang kerjanya.

Sementara untuk dua terdakwa lainnya, yakni, Direktur Utama CV Harves, Heintje Abraham Toisuta dan mantan Kepala Devisi Renstra dan Corsec Bank Maluku, Petro Ridolf Tentua, hingga saat ini masih menunggu putusan Kasasi MA.

“Salinanan putusan Kasasi untuk terdakwa Heintje dan terdakwa Petro belum turun. Jika sudah turun dari MA ke pengadilan dan dilanjutkan ke kita (kejaksaan, red), maka kita akan langsung melakukan perintah putusan tersebut dengan melakukan eksekusi,” jelas Robert. (RIO)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

--- CONTOH IKLAN
To Top