Hasil Penelitian Berkas SANTUN, BAILEO, HEBAT Diumumkan KPU Hari Ini – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

Hasil Penelitian Berkas SANTUN, BAILEO, HEBAT Diumumkan KPU Hari Ini

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku dijadwalkan akan mengumumkan ha­­sil pe­ne­litian berkas tiga pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Maluku yakni Said Assagaff-Anderias Rentanubun (SANTUN), Murad Ismail-Bar­nabas Orno (BAILEO) dan Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT), Rabu 17 Ja­nuari 2018, hari ini.

Ketua KPU Maluku, Rifan Ku­bangun, kepada Rak­yat Maluku, Selasa 16 Januari 2018, mengatakan, usai diumumkan hasil penelitian berkas jika masih ada kekurangan makan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah diminta melakukan perbaikan dari tanggal 18 hingga 20 Januari 2018.

“Perbaikan itu baik bagi bakal calon yang di­usung parpol maupun perseorangan dimana untuk per­seorangan termasuk penyerahan tambahan keku­rangan dukungan yang jumlahnya dua kali lipat,” ujar Rifan. Terpisah Koordinator Divisi Teknis, Komisioner KPU Maluku, La Alwi kepada wartawan, kemarin, juga menjelaskan untuk pemeriksaan kesehatan juga akan diumumkan bersamaan dengan hasil penelitian dokumen dari masing-masing pasangan bakal calon.

“Sesuai jadwal itu, Selasa 16 Januari 2017 (kemarin) tim pemeriksa kesehatan akan menyam­paikan hasil pemeriksaannya kepada KPU Maluku,” ujar La Alwi.

Dikatakannya, setelah diserahkan hasil pemerik­saan kesehatan, kemudian tanggal 17 – 18 Januari 2018, KPU Maluku akan memberitahukan hasil penelitian administrasi. Baik syarat pencalonan maupun syarat calon.

“Itu akan dilakukan bersamaan dengan hasil pemeriksaan kesehatan, yang disampaikan kepada partai politik atau gabungan partai politik,” ungkapnya. Menurutnya, hasil pemeriksaan yang diserahkan itu harus dilampirkan bersamaan dengan hasil penelitian administrasi masing-masing pasangan bakal calon untuk diumumkan secara bersamaan, apakah sesuai penelitian persyaratan pencalonan dan persyaratan calon dan memenuhi syarat atau tidak agar tidak bertabrakan.

Jika dari hasil pemeriksaan tersebut ada bakal calon yang tidak memenuhi syarat, lanjut La Alwi, maka bakal calon atau partai politik maupun gabungan partai politik dapat mengajukan calon pengganti. Sesuai tahapan perbaikan yang telah dijadwalkan KPU, tanggal 18 – 20 Januari 2018.

Sebab, dari hasil pemeriksaan, tidak ada masa perbaikan. Dan hanya pengusulan calon pengganti dari bakal calon atau partai pengusung untuk meng­gantikan bakal calon yang tidak memenuhi syarat.

“Kalau tidak memenuhi syarat maka kepada bakal calon atau partai politik maupun gabungan partai politik dapat mengajukan calon pengganti, pada masa perbaikan dokumen. Jadi tidak ada perbaikan pemeriksaan, hanya usulan pengganti,” tandas La Alwi. (R1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

--- CONTOH IKLAN
To Top