Poltek Ambon Segera Buka Penerimaan Mahasiswa Baru – Rakyat Maluku
EDUKASI

Poltek Ambon Segera Buka Penerimaan Mahasiswa Baru

POLITEKNIK Negeri Ambon (Polnam) dalam waktu dekat ini akan segera melakukan seleksi penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2018/2019 melalui tiga jalur.

Jalur pertama yang bakal segera dibuka pada tanggal 22 Januari mendatang adalah Penelusuran Minat Dan Kemampuan (PMDK). Selanjutnya disusul dengan jalur UMPN dan Jalur Mandiri.

Julius Buyang

Wakil Direktur III Bidang Akademik, Politeknik Negeri Ambon, Julius Buyang mengatakan, jalur PMDK dibuka secara nasional dan diikuti sebanyak 42 dari 43 Politeknik Negeri se-Indonesia. Jalur ini merupakan jalur Online yang diperuntukan untuk mengakomodir anak bangsa diseluruh Indonesia ketika berminat melanjutkan studinya di Poltek Negeri.”Pembukaan jaluar PMDK ini akan berlangsung hingga 14 April mendatang. “ujar Julius Buyang kepada koran ini, Sabtu, 13 Januari.

Julius menerangkan, penerimaan calon mahasiswa melalui jalur PMDK ini dikhusukan kepada siswa lulusan tahun ini. PMDK juga menargetkan siswa/siswi berprestasi tanpa harus mengikuti tes tertulis, membayar uang pendaftaran dan lainnya.

Siswa yang berminat cukup memasukan Nilai Raportnya mulai dari Semester I sampai semester V.”Jadi mereka hanya mengisi data terkait dengan raport. Disamping itu, jika ada prestasi baik akademik maupun non akademik juga bisa dimasukan sebagai catatan untuk nanti dipertimbangkan dalam jalur PMDK ini.”kata Julius.

Dijelaskan, untuk mendaftar pada jalur PMDK tersebut siswa bisa langsung berkunjung atau mengklik laman PMDK. Setelah terbuka siswa mengikuti petunjuk pengisian data-data terkait dengan data Raport dan prestasi akademik. Mereka yang terdaftar akan diseleksi sesuai dengan standar nilai tanpa harus mengikuti tes tertulis dan membayar uang pendaftaran.

”Ini merupakan kesempatan bagi siswa/siswi berprestasi jika berminat kuliah di Politeknik Negeri. Untuk jalur ini tidak perlu menunggu hasil kelulusan. Nantinya setelah terdaftar dan hasil kelulusan dikantongi baru bisa dibawakan sebagai pembuktian.”jelas Julius Buyang.

Selain membuka jaluar PMDK lanjut Buyang, Politeknik Negeri Ambon juga akan membuka penerimaan Mahasiswa baru melalui Jaluar Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN). Melalui jalur ini calon mahasiswa akan mengikuti ujian tertulis.” Dari tiga jalur penerimaan ini kuotanya sudah dibagikan, 40 persen untuk jaluar PMDK, 40 persen untuk jalur UMPN dan 20 persen untuk jalur Mandiri. Namun Jalur Mandiri baru akan dibuka jika kuota dari jalur PMDK dan UMPN belum terpenuhi. Jalur Mandiri merupakan kebijakan Internal Poltek Negeri Ambon guna memenuhi kuota penerimaan mahasiswa baru.”kata Julius Buyang.

Menindaklanjuti penerimaah mahasiswa baru tahun 2018/2019 pada Senin pekan depan, Poltek Negeri Ambon segera berkunjung ke sekolah-sekolah untuk melakukan sosialisasi kepada siswa/siswi kelas XII. “Sudah kita agendakan untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana cara masuk mendaftar dan mengisi data-data sesuai petunjuk melalui jalur PMDK.”tambah Julius semabari berharap, para siswa/siswi di kabupaten/kota lain di Maluku sediahnya memanfaatkan kesempatan ini untuk mengisi atau mendaftarkan diri jika hendak melanjutkan studinya di Politeknik Negeri. Sebab, para siswa yang berada di kabupaten/kota tidak perlu lagi datang ke Politeknik Negeri Ambon untuk mengikuti tes seleksi. Cukup dengan memasukan data NS sekolah masing-masing. (CIK)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

--- CONTOH IKLAN
To Top