Hari Ini, Alat Kelengkapan DPRD Ambon Difinalkan – Rakyat Maluku
AMBONESIA

Hari Ini, Alat Kelengkapan DPRD Ambon Difinalkan

ROLLING alat kelengkapan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kini telah dilakukan. Sejumlah pimpinan di tiap-tiap komisi telah diganti dengan pimpinan lain. Hal ini dilalukan setelah alat kelengkapan DPRD kota Qmbon dinonaktifkan pada 28 Desrmber 2017 lalu, dan kini baru akan dilakukan penetapan alat kelengkapan DPRD baru, yang dijadwalkan pada Selasa, 16 Januari 2018, hari ini. Alat Kelengkapan Dewan (AKD) Kota akan ditetapkan dalam rapat paripurna internal.

Karenanya, seluruh anggota DPRD agar maksimal dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab. Hal ini disampaikan Ketua DPRD Ambon, James Maatita, kepada wartawan di Kantor DPRD Kota Ambon, Belakang Soya, Kamis, 15 Januari.

Menurut dia, dalam penetapan AKD kota Ambon tersebut, nantinya akan mengalami perubahan saat pelaksanaan paripurna internal berjalan. Dimana, AKD yang sebelumnya ditetapkan pada pertengahan tahun 2016, akan dirolling sesuai putusan rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Ambon yang dilaksanakan beberapa hari lalu.

“Pastinya semua akan mengalami perubahan dalam alat kelengkapan dewan yang ditetapkan. Dimana pimpinan komisi berubah, anggota banggar berubah, dan badan kehormatan (BK) juga berubah. Dan rencananya itu besok (hari ini) ditetapkan bersamaan dengan dua ranperda lewat paripurna internal, “ ujar James.

Kata dia, pergantian juga akan terjadi pada dua pimpinan fraksi PPP dan fraksi Kebangkitan dan Persatuan Indonesia (fraksi gabungan PKB dan PKPI). Yakni untuk ketua fraksi PPP yang sebelumnya dijabat oleh Rovik Akbar Afifudin, dipindahkan kepada Novan Liem selaku Ketua Fraksi PPP Kota Ambon yang baru.

Sementara untuk fraksi Kebangkitan dan Persatuan Indonesia yang sebelumnya diduduki Asmin Matdoan dari PKB, diambil alih oleh Juliana Pattipeilohy dari PKPI. “Untuk pimpinan fraksi juga akan mengalami pergantian. Fraksi PPP dan dari fraksi gabungan PKB-PKPI. Sebenarnya tidal perlu diumumkan karena itu persoalan internal partai. Dan untuk alat kelengkapan ini diduduki sampai masa jabatan 2014-2019 berakhir,” jelas dia.

Persoalan penetapan alat kelengkapan,lanjut ketua DPC PDI Perjuangan Kota Ambon itu, akan dilakukan bersamaan dengan penetapan dua ranperda eksekutif dari pemerintah kota Ambon. Yakni ranperda terkait rumah susun milik pansus III dan Ranperda pencegahan, penanggulangan bahaya kebakaran dan penyelamatan oleh Pansus II DPRD Ambon. “Jadi besok itu dua ranperda ini akan ditetapkan dalam paripurna oleh komisi II dan III lewat masing-masing pansus. Dan semuanya akan ditetapkan bersamaan dengan AKD juga tutup buka masa sidang I tahun 2018,” ujar dia.

Sementara menyangkut dengab Ranperda pemberhentian dan pengangkatan dan pelantikan desa tersebut masih menjadi pembahasan komisi I DPRD kota Ambon. Dan belum dapat ditetapkan bersamaan dengan dua ranperda tersebut. “Kita harap juga dalam waktu dekat bisa ditetapkan.

”Ia berharap seluruh anggota DPRD segera memaksimalkan tugas dan tanggung jawab setelah ditetapkan dalam alat kelengkapan dewan. Sehingga seluruh aspirasi masyarakat dapat dikawal dan diperjuangkan dengan baik. Mengingat banyak anggota DPRD yang belum mau berkantor hingga kemarin. “Masih banyak anggota yang mungkin masih disibukkan dengan tugas-tugas partai jelang Pilkada Maluku dan Pileg 2019. Namun, setelah ditetapkannya alat kelengkapan dewan, seluruh anggota diharapkan bisa lebih maksimal dalam menjalankan tugasnya,” kata dia. (R1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

--- CONTOH IKLAN
To Top