RUSD Baru Diusulkan Dalam Proyek Multiyears – Rakyat Maluku
AMBONESIA

RUSD Baru Diusulkan Dalam Proyek Multiyears

KEINGINAN Pemerintah Provinsi Maluku untuk membangun Rumah Sakit Daerah (RSUD) bertarap internasional di kawasan Wailela makin mulus. Meski demikian, rencana pembangunan RSUD bertarap internasional ini diusulkan berlangsung dalam beberapa tahap alias proyek multiyears.

Hal ini penting, sehingga kualitas pembangunan RSUD terbesar di Maluku ini lebih baik dari yang sudah ada sekarang. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Maluku, Ismail Usemahu, kemarin.

Menurut Ismail, Pemprov Maluku telah mengusulkan agar pembangunan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di Wailela masuk dalam proyek multiyears. Proyek multiyears atau proyek yang tak bisa dirampungkan dalam setahun pada rencana penganggaran pemerintah adalah untuk meningkatkan kualitas pembangunan. “Jika suatu pembangunan dipaksa dalam satu tahu anggaran, maka hasilnya akan tidak berkualitas. Untuk itulah pembangunan rumah sakit ini masuk dalam proyek multiyears, “ sebut dia.

Bangunan rumah sakit setinggi delapan laibtai ini, kata Usemahu secara keseluruhan sudah merupakan tipe A. Namun karena persoalan sumber daya manusia dan sebagainya sehingga izinya masih tipe B. Lokasi RSUP di Wailela, Desa Rumatiga Kota Ambon. Dengan luas lahan 9,4 hektar, dengan luas bangunan 44,283 meter persegi.

“Untuk membangun Maluku kalau kita hanya mengandalkan sistem anggaran yang harus direalisasi 1 Januari sampai 31 Desember itu tidak akan bisa mencapai satu pembangunan seperti yang diinginkan. Jadi perlu ada inisiatif yang disebut medium term expenditure framework atau inisiatif pembangunan atas dasar multiyears,” ujarnya. (YAS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

--- CONTOH IKLAN
To Top