Pakai Sabu, Dua Warga Benteng Dituntut 1 Tahun Penjara – Rakyat Maluku
HUK-RIM

Pakai Sabu, Dua Warga Benteng Dituntut 1 Tahun Penjara

Ilustrasi

JAKSA Penuntut Umum Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambon menuntut dua orang warga Benteng, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Andreas Zyistra alias Andi dan Jusuf Pattinama, dengan pidana penjara masing-masing selama satu tahun. Sebab, perbuatan kedua terdakwa tersebut terbukti memiliki dan menggunakan Narkorika Golongan I jenis sabu-sabu sebanyak dua paket.

Menyatakan, terdakwa Andreas Zyistra alias Andi dan terdakwa Jusuf Pattinama terbukti bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan Narkotika, sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 127 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika,” ucap JPU Ingrid Louhenapessy, saat membacakan amar tuntutannya di Pengadilan Negeri (PN) Ambon, Rabu, 10 Januari 2018.

JPU dalam dakwannya menjelaskan, penangkapan terhadap kedua terdakwa oleh petugas Polres Pulau Ambon dan Pp Lease terjadi di Penginapan Asri Lantai 4 Jln. Baru, Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Rabu, 23 Agustus 2017, lalu.

Terdakwa Andi bertindak sebagai penjual, sementara terdakwa Jusuf dihubungi oleh kedua rekannya untuk bertemu terdakwa Andi di Penginapan Asri guna membeli dua paket sabu.

Sesampainya di Penginapan Asri, terdakwa Jusuf langsung menelpon terdakwa Andi untuk membeli sabu dua paket seharga Rp 1.500.000. Kedua terdakwa ini kemudian bersepakat bertemu di Pos Benteng untuk bertransaksi sabu-sabu.

Setelah bertemu di Pos Benteng dan bertransaksi sabu, kedua terdakwa ini sempat memakai sedikit barang haram tersebut. Setelah menikmati bersama terdakwa Andi, terdakwa Yusuf kembali menemui dua rekannya di Hotel Asri.
Sesampainya disana, Jusuf langsung di tangkap petugas Polres Pulau Ambon dan Pp Lease. Ketika diintrogasi di Kantor Polres, Jusuf mengaku kalau sering menggunakan sabu-sabu bersama terdakwa Andi di kediamannya di Benteng.

Dari keterangan terdakwa Jusuf, Polisi pun langsung menuju kediaman terdakwa Andi, dan disitulah Andi di tangkap dan digiring ke Kantor Polres Ambom untuk diproses hukum.

Usai mendengar pembacaan tuntutan JPU, majelis hakim yang diketuai oleh S Pujiono kemudian menunda persidangan hingga Senin, 15 Januari 2018 pekan depan, dengan agenda sidang Pleidoi (Pembelaan) oleh kedua terdakwa melalui Penasehat Hukumnya, Abdul Basir Rumagia. (RIO)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

--- CONTOH IKLAN
To Top