Hari Ini, Pasangan Bakal Calkada Maluku Tes Kesehatan – Rakyat Maluku
AMBONESIA

Hari Ini, Pasangan Bakal Calkada Maluku Tes Kesehatan

BILA tak ada aral, pasangan kandidat bakal calon kepala daerah (Calkada) Provinsi Maluku yang telah resmi mendaftar diri di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, akan mengikuti proses pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan akan dimulai dari tanggal 11 Januari 2018 hari ini, hingga 13 Januari 2018 lusa.

Sampai hari ini, baru ada dua pasangan yang resmi mendaftarkan diri untuk ikut konstestan Pilkada Maluku di KPU; pasangan Murad Ismail-Barnabas Orno dengan jargon Baileo, dan pasangan Said Assagaff-Andreas Rentanubun (Santun). Demikian disampaikan Ketua KPU Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun, kepada wartawan kemarin.

Menurut Rifan, tahapan pendaftaran sudah dilakukan dua hari kemarin. Selanjutnya, masuk pada tahapan pemeriksaan kesehatan. Pemerikdaan kesehatan bagi bakal calon merupakan suatu keharusan, sebagaimana termasuk dalam tahapan yang wajib dilaksanakan oleh KPU setelah pendaftaran. Pemeriksaan kesehatan ini akan berlangsung di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Haulussy, Kudamati, Kota Ambon.

“Pendaftaran Pak Murad Ismail dan Barnabas Orno adalah peserta Pilgub yang terakhir kita layani hari ini. Besok (hari ini) kita masuk pada tahap berikut, yaitu tahap pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur. KPU Maluku telah menetapkan RSUD Haulussy untuk memeriksa kesehatan calon terkait kesehatan jasmani-rohani serta bebas Narkoba,” ujar Syamsul.

Pemeriksaan kesehatan para calon ini akan melibatkan tim medis dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Maluku, dan Himpunan Psikologi (Himsi) dari Kota Makassar yang akan turun langsung memeriksa kesehatan para bakal calon. Hasil pemeriksaan tersebut akan menjadi dokumen kepada masing-masing pasangan.

Kata Rifan, setelah proses pemeriksaan kesehatan dilakukan, KPU kemudian akan segera lanjut dengan proses verifikasi administrasi. Di mana, semua berkas dari para bakal pasangan calon yang ada kembali diteliti terkait keabsahanya sebelum masuk ke tahap selanjutnya yakni perbaikan dokumen pendaftaran.

“Setelah itu, proses selanjutnya yakni meneliti semua berkas yang telah dimasukan, seperti contoh ijazah yang dimiliki. Setelah dilakukan penelitian berkasa para bakal pasangan calon, kami langsung akan mengumumkan hasil penelitian kepada para calon yang telah mendafyar, agar yang masih kurang bisa langsung di perbaiki dalam masa perbaikan.”

Dia menjelaskan, hingga pada tanggal 18 Januari 2018 hingga 20 januari 2018, pihaknya sudah masuk pada proses perbaikan, dan dalam proses perbaikan yang dilakukan hanya berdurasi dua hari itu, semua berkas yang belum lengkap akan diumumkan pada saat verivikasi administrasi dan harus diperbaiki dalam masa perbaikan.

“Kami akan meneliti semua berkas, apakah berkas yang dimasukan oleh para Bapaslon ini resmi dikeluarkan oleh pihak yang berwenang atau tidak, seperti SKCK dan lain sebagainya, baru dilanjutkan dengan proses penetapan pada tanggal 12 Februari 2018.”

Setelah semua proses dilakukan, tanggal 12 Februari 2018 sudah penetapan kemudian, tanggal 13 Februari 2018 itu pengundian nomor urut dan pemberian waktu kampanye selama tiga hari. “Bukan hanya itu setelah ditetapkan, para calon juga harus segera memasukan surat pengunduran diriya dan surat cuti paling lambat lima hari setelah ditetapkan,” kunci dia. (R1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

--- CONTOH IKLAN
To Top