Suka Makan Ubi? Ini 8 Manfaatnya Yang Bisa Diambil – Rakyat Maluku
KESEHATAN

Suka Makan Ubi? Ini 8 Manfaatnya Yang Bisa Diambil

Macam ubi (ISTIMEWA)

SEBAGAI makanan pengganti nasi, ternyata ubi memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh. Keuntungan terbesar yang dimiliki ubi bisa mengurangi jumlah kerusakan oksidatif pada organ dalam tubuh.

Diketahui, ubi memiliki indeks glikemiks yang rendah. Sehingga, lebih lambat diubah menjadi glukosa atau gula darah, yang baik untuk penderita diabetes. Salin itu, ubi kaya kandungan beta karoten, vitamin E, C dan B-6, potassium dan zat besi.

Dilansir dari Boldsky, Minggu (7/1), ada delapan manfaat sehat jika mengonsumsi ubi.

Anti-inflamasi
Ubi jalar mengandung antosianin, yang dikenal dengan sifat anti-inflamasi yang kuat. Ubi mengurangi radang organ dan mencegah kerusakan. Jumlah fibrinogen yang ada di dalamnya juga membantu pembekuan darah.

Ubi Memiliki Indeks Glikemik Rendah
Ubi sangat baik bagi diabetes, karena tidak menyebabkan lonjakan gula darah. Ubi menawarkan alternatif yang sehat untuk diabetisi.

Cegah Penuaan Dini
Kaya akan karotenoid dan beta karoten, yang menambah vitamin A bagi tubuh. Ubi memperkuat penglihatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ubi kaya antioksidan yang mengurangi efek radikal bebas di tubuh, sehingga mengurangi tanda-tanda penuaan.

Baik untuk Kesehatan Jantung
Kadar kalium yang tinggi dalam membantu ubi mengatur denyut jantung. Ubi juga memperbaiki fungsi otot dan saraf tubuh. Magnesium yang ada di dalamnya diperlukan untuk arteri dan otot jantung yang sehat.

Dukung Sistem Kekebalan Tubuh
Ubi mengandung zat besi yang tinggi, serta mengandung mineral penting untuk tubuh. Ubi meningkatkan kapasitas sel untuk membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh. Ubi juga membantu produksi sel darah putih yang menunjang kekebalan tubuh.

Mendukung Tulang Sehat
Ubi kaya vitamin D sehingga membuat tulang sehat dan kuat.

Baik Dikonsumsi Saat Musim Dingin
Ubi mengandung vitamin C, yang membantu tubuh melawan flu. Ubi juga menangkal patogen penyebab kanker di tubuh.

Baik Untuk Kulit dan Rambut

Senyawa tertentu pada ubi meningkatkan elastisitas kulit dan membantu menangkal tanda-tanda penuaan. Bagus juga untuk memperbaiki tekstur kulit dan menghilangkan bintik hitam. Ubi juga bisa meningkatkan ketebalan dan pertumbuhan rambut. (ika/JPC)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

--- CONTOH IKLAN
To Top