5 Langkah Jitu untuk Menjauhkan Diri dari Sakit Maag – Rakyat Maluku
KESEHATAN

5 Langkah Jitu untuk Menjauhkan Diri dari Sakit Maag

DISPEPSIA atau yang lebih akrab disebut maag adalah rasa tidak nyaman pada perut bagian atas yang timbul-tenggelam dan bisa dirasakan oleh siapa saja.

Maag dialami oleh hampir 40 persen orang dewasa setiap tahunnya dan 10 persen di antaranya mencari pertolongan medis.Meskipun bukan penyakit yang berat, maag bisa mengganggu kegiatan sehari-hari Anda.

Oleh karena itu Anda perlu mengetahui bagaimana cara mencegah maag. Berikut ini beberapa kiat mencegah maag, seperti dilansir laman Care2.

1. Kendalikan stres Anda
Kendalikan stres Anda dengan perawatan diri yang merilekskan Anda. Anda bisa mandi air panas dengan lilin dan minyak esensial, rendam kaki Anda di garam Epsom dan bawalah makanan enak.

2. Berhenti merokok
Selalu ada waktu yang tepat untuk berhenti merokok. Merokok melukai semua sistem tubuh dari paru-paru ke jantung Anda sampai ke lapisan perut Anda. Jika Anda terinfeksi bakteri H. Pylori, maka merokok bisa menyebabkan pembentukan maag lebih cepat lagi.

3. Kurangi atau hilangkan konsumsi alkoholKetahuilah bahwa alkohol bisa meningkatkan seberapa banyak asam yang diproduksi perut Anda. Ini adalah combo yang keras, terutama jika Anda stres.

4. Hindari makanan yang mengganggu
Makanan berlemak atau asam bisa mengganggu lapisan perut Anda. Jika Anda telah mengalami maag, Anda bisa melihat timbulnya ketidaknyamanan perut setelah makan.

5. Jangan berlebihan mengonsumsi aspirin atau ibuprofen
Jika Anda mengalami sakit kepala akibat stres, Anda perlu memperhatikan berapa banyak aspirin atau ibuprofen yang Anda pakai yang bisa merusak lapisan perut Anda dan menyebabkan tukak lambung. (fny/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

--- CONTOH IKLAN
To Top