RESCO: MI-Orno Bukan Lawan Berat Petahana – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

RESCO: MI-Orno Bukan Lawan Berat Petahana

SKEMA pilkada Maluku head to head dinilai membuka peluang bagi Petahana Said Assagaff-Anderias Rentanubun de­­­­ngan mudah mengalahkan Murad Ismail-Barnabas Orno.

Peta politik yang mengerucut kepada dua pasang calon di Pilkada Maluku me­mang ramai diperbincangkan. Bahkan, seba­gain timses petahana dengan gampang dan optimis jika MI-BO bukan lawan sebanding petahana / incumbent.

Hanya saja, skema head to head belum berjalan mulus. Diluar prediksi banyak orang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku menerima gugatan Herman A Koedoboen-Abdullah Vanath atas Berita Acara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku yang menolak berkas pencalonan jalur independen yang berdasarkan hasil hitung tidak mencukupi syarat minimal pencalonan.

Direktur Research Consulting and Marketing (RESCO) M Jais Patty mengatakan, jika skema pilkada menjadi tiga pasang calon, maka dipastikan petahana harus bekerja secara maksimal.

Bagi Jais, tersebarnya pemilih pada tiga pasangan tersebut, pada akhirnya publik akan menganalisi dan mengitung basis peta dukungan ketiga paslon yang ada.

“Jika tiga pasangan calon,pastinya petahana harus kerja maksimal, karena tersebarnya pemilih pada tiga pasangan tersebut. Pada akhirnya orang akan menganalisis peta basis dari ketiga paslon tersebut,” papar Jais saat di konfirmasi. Bagi Jais, sejauh ini, dalam pengamtannya lawan tanding petahana hanya pasangan HEBAT. HEBAT diakui Jais sebagai lawan berat bagi incumbent di Pilkada Maluku. Tentunya, jika HEBAT lolos maka, kerja keras dan ekstra maksimal harus dilakukan petahana.

“Lawan tanding petahana hanya pasangan HEBAT. HEBAT diakui Jais sebagai lawan berat bagi incumbent di Pilakda Maluku. Tentunya, jika HEBAT lolos maka, kerja keras dan ekstra maksimal harus dilakukan petahana,” ungkapnya.

Untuk di ketahui, HEBAT dalam situasi optimistis lolos sebagai calon peserta di Pilkada Maluku.Ke­percayaan diri yang dimiliki HEBAT didasarkan pada dukungan maksimal yang dikumpul dari mas­yarakat sebagai prasyarat kepesertaan jalur independen.

Keputusan Bawaslu Maluku mulai direspons KPU dengan mengirim surat kepada Bawaslu perihal pemberitahuan agenda penghitungan ulang surat du­kungan pasangan HEBAT pada 20 Desember. (ASI)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

--- CONTOH IKLAN
To Top