Warga Tantui Pemilik 12 Paket Sabu Diganjar 4 Tahun Penjara – Rakyat Maluku
HUK-RIM

Warga Tantui Pemilik 12 Paket Sabu Diganjar 4 Tahun Penjara

PENGADILAN Negeri (PN) Ambon menjatuhkan hukuman pidana penjara kepada warga Tantui Atas, RT 05/ RW 006, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Irfan alias Ipan (35), selama empat tahun, serta membayar denda sebesar Rp 800 juta subsider empat bulan kurungan. Sebab, yang bersangkutan terbukti secara
sah dan meyakinkan bersalah menyimpan dan memiliki Narkotika jenis sabu-sabu sebanyak 12 paket.

“Menyatakan, perbuatan terdakwa Irfan alias Ipan terbukti melanggar Pasal 112 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Menetapkan barang bukti berupa 12 paket sabu disita negara untuk dimusnahkan,” ucap Ketua Majelis Hakim Amaye Yambeyapdi, didampingi dua hakim anggota, Leo Soekarno dan Jemmy Walli, saat membacakan amar putusannya, Rabu, 6 Desember 2017.

Mendengar hukuman yang dijatuhi majelis hakim itu, terdakwa Ipan dan Penasehat Hukumnya John Tuhumena, langsung menyatakan menerima putusan tersebut. Hukuman yang dijatuhi majelis hakim itu mengabulkan seluruh tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Awaludin.

JPU dalam dakwaannya menjelaskan, penangkapan terhadap Ipan oleh Penyidik Ditres Narkoba Polda Maluku terjadi di kos-kosannya, Tantui Atas, RT 05/ RW 006, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Minggu, 18 Juni 2017, sekitar pukul 00.15 Wit.

Awalnya, personil Ditres Narkoba Polda Maluku mendapat informasi dari informan bahwa Ipan berangkat dengan KM Tidar dari Makassar dan akan tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon pada tanggal 8 Juni 2017, dengan membawa 20 paket sabu-sabu.

Personil Ditresnarkoba langsung bergerak ke Pelabuhan Yos Sudarso. Sempat keslulitan untuk menangkap terdakwa, karena target tidak dikenali. Fotonya juga tidak dimiliki oleh personil oleh Tim Ditres Narkoba. Kemudian dari hasil pengembangan penyelidikan untuk melacak keberadaannya, Ipan akhirnya berhasil diciduk pada tanggal 18 Juni 2017, di kos-kosannya.

Saat ditangkap, personil Ditresnarkoba menemukan 12 paket sabu-sabu seberat 7,42 gram yang disimpan didalam kotak tempat penghangat anak ayam. Irfan kemudian digiring ke Kantor Ditres Narkoba Polda Maluku untuk di proses hukum.

Saat diintrogasi petugas, Ipan mengaku membawa 20 paket sabu dari Makassar. Tiga paket sabu sudah dipakai Ipan saat berada didalam KM Tidar. Dan lima paket sabu lainnya dipakai di kos-kosannya (Tantui Atas). (RIO)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top