Mudahkan Warga Akses Sembako, Pemkot Ambon Gelar Pasar Murah – Rakyat Maluku
AMBONESIA

Mudahkan Warga Akses Sembako, Pemkot Ambon Gelar Pasar Murah

Ilustrasi

GUNA memberikan kemudahan kepada mas­ya­rakat dalam mendapatkan kebutuhan belanja sembilan bahan pokok (Sembako) dengan harga yang terjangkau, tanpa harus ke pasar, maka Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mengadakan pasar murah di beberapa titik kumpul masyarakat. Salah satunya, yang digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon di Lapangan Bola Dusun Air Louw Kecamatan Nusaniwe, Senin, 4 Desember 2017.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, saat membuka kegiatan ini menjelaskan, pasar murah diadakan untuk memberi kemudahan dan kenyamanan kepada warga, dalam mendapatkan Sembako, khusus menyambut Hari Natal 25 Desember 2017. Pasar murah ini juga diadakan pada hari-hari besar keagamaan lainnya, seperti menyambut puncak Hari Raya Idul Fitri. Tentu, realisasinya di lapangan, kata dia, pasar murah harus dilakukan tetap sasaran, karena sebelumnya pasar murah yang dibuka oleh pemerintah, justru diserang oleh pegawai negeri sipil. Padahal, pasar murah ini dipentukkan kepada warga yang memiliki ekonomi terbatas.

Kata Richard, pasar murah ini kiranya membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan belanjanya dengan cara mudah, dekat, dan tanpa harus ke pasar, serta mendapatkan harga yang terjangkau. “Saya mengimbau supaya betul-betul ini dimanfaatkan oleh masyarakat yang berpenghasilan rendah untuk menyambut hari raya keagamaan baik Natal maupun Lebaran,” ajak Richard.

Sederhana, karena pasar murah ini diprioritaskan kepada warga dengan kemampuan ekonomi terbatas. Apalagi, kata Richard, pasar murah yang diadakan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana, tahun ini disediakan langsung kupon kepada warga yang nantinya berbelanja. Sehingga, kalau ada oknum yang ingin mengambil untung dari kegiatan ini, langsung dapat diketahui dan dicegat.

Richard menegaskan, bagi warga yang memiliki penghasilan di atas UMP, agar tidak menjadikan pasar murah sebagai lokasi perbelanjaan. Sebaliknya, harus memberikan kesempatan kepada warga yang memiliki pendapatan ekonomi terbatas, sehingga pada akhirnya warga tersebut dapat menikmati suasana hari-hari besar keagamaan yang kecukupan, sama dengan yang dirasakan oleh warga ekonomi standar dan tinggi. “Saya sudah bilang kepada staf di Indag perhatikan sistimnya, agar orang-orang yang ingin ambil untung di kegiatan ini, dapat langsung dicegat. Karena, pasar murah ini dikhususkan bagi warga yang ekonominya terbatas,” tegas Richard. (R1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top