Lagi, Jaksa Periksa Jack Metubun Sebagai Saksi Mahkota – Rakyat Maluku
HUK-RIM

Lagi, Jaksa Periksa Jack Metubun Sebagai Saksi Mahkota

Korupsi Proyek Terminal Transit Passo

TIM Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku kembali menggarap Konsultan Pengawas dari CV Jasa Intan Mandiri, Jhon Lucky Metubun, dalam kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Terminal Transit Tipe B di Desa Passo, Kecamatan Baguala, Kota Ambon Tahun Anggaran 2008 – 2009 sebesar Rp 26 miliar yang bersumber dari APBD Kota Ambon.

Menurut Kasi Penkum Kejati Maluku, Samy Sapulette, pemeriksaan lanjutan terhadap Jhon Lucky Metubun dalam kapasitasnya sebagai tersangka untuk melengkapi berkas perkara dua tersangka lainnya ditahap penyidikan. Yakni, Pejabat Pelaksana Tekhnis Kegiatan (PPTK) Dishub Kota Ambon sejak tahun 2007 – 2011, Angganoto Ura, yang saat ini menjabat Asisten I Sekertaris Kota Ambon, Amir Gaus Latuconsina selaku rekanan pelaksana proyek dari PT. Reminal Utama Sakti.

“Ia benar, hari ini (kemarin, red) tersangka Jhon Lucky Metubun kembali menjalani pemeriksaan sebagai saksi mahkota,” ucap Samy, kepada wartawan, di ruang pers Kejati Maluku, Senin, 4 Desember 2017.

Selain untuk melengkapi berkas perkara, lanjut Samy, tersangka Jhon Lucky Metubun juga hadir untuk memenuhi permintaan BPK Perwakilan Maluku guna audit kerugian keuangan negara dalam proyek yang diduga merugikan keuangan Negara hingga Rp 26 miliar.

“Pemeriksaan ini juga akan digunakan penyidik selain untuk melengkapi berkas perkara dua tersangka lain, juga untuk kepentingan audit kerugian keuangan negara yang sementara di audit oleh BPK Perwakilan Maluku,” terangnya.

Dalam pemeriksaan yang berlangsung sejak pukul 13.00 – 17.00, tersangka Jhon Lucky Metubun dicecar puluhan pertanyaan oleh Jaksa Penyidik I Gede Whidiartama menyangkut peran penting tersangka Anggonoto Ura dan tersangka Amir Gaus Latuconsina.

“Ditanya seputar peran tersangka satu untuk tersangka lainnya dalam pembangunan gedung Terminal Transit Tipe B di Desa Passo,” jelas Samy. (RIO)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top