Komite II Siap Bantu Percepat Blok Masela – Rakyat Maluku
AMBONESIA

Komite II Siap Bantu Percepat Blok Masela

KOMITE II DPD RI siap membantu Pemerintah Provinsi Maluku agar pemerintah pusat dapat mempercepat pengoperasian Blok Masela, yang rencananya akan dimulai pada Tahun 2018 mendatang. Hal ini disampaikan Ketua Komite II DPD RI Perlindungan Purba, usai tatap muka bersama Gubernur Maluku, Said Assagaff, beserta beberapa stafnya, di Ruang Kerja Gubernur Lt II, Senin, 4 November 2017.

Kunjungan Tim Komite II DPD RI ini dinakhodai oleh srikandi asal Maluku, Anna Latuconsina. “Kami memberikan apresiasi kepada Gubernur yang sudah menerima kami dan menyampaikan berbagai persoalan di Maluku, untuk nantinya ditindaklanjuti,” akui Anna, usai tatap muka bersama Gubernur.

Menurut dia, dari rapat bersama ada beberapa kesimpulan yang dihasilkan untuk ditindaklanjuti ke pemerintah pusat, yakni mengadakan pertemuan bersama pihak terkait dalam hal ini Kementerian ESDM, beserta kementerian terkait lainnya, bahkan semua pihak di pusat, yang memiliki hubungan dengan rencana pembangunan Blok Masela. “Kita akan undang semua pihak terkait, agar secepatnya dieksplor. Memang sudah ada, tapi kita akan tanya apakah sejauh ini ada kendala atau tidak.”

Selain itu, pihaknya juga akan berkoordasi dengan Kementrian Keuangan, agar Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Kshusus (DAK) bisa dihitung dari laut. “Secara geografis Maluku sangat luas, namun yang dominan adalah laut yang tidak masuk dalam perhitungan. Untuk itu, kita akan dorong supaya ada kebijakan dari Kementrian Keuangan terkait hal ini.” Sejalan dengan itu, memiliki potensi perikanan yang melimpah, pihaknya juga akan membantu dan berjuang bersama-sama dengan Maluku untuk dijadikan Lumbung Ikan nasional (LIN).

“Kita akan berkoordinasi dengan kementrian kelauatan dan perikanan melalui dirjen dan sekjen supaya menjadikan Maluku sebagai LIN.” Terlepas dari hal tersebut, pihaknya juga akan mendorong agar jalan SS menuju taman nasional manusela bisa diakses. Untuk itu, pihaknya akan melakukan perjtemuan bersana dengan Kementrian PUPR untuk membicarakan hal ini. Diakhir komentarnya, dirinya juga mengapresiasi Gubernur yang telah berkomitmen untuk tidak lagi menggunakan mercuri, yakni di tambang emas gunung botak. (YAS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top