Assagaff: Pesparawi, Kampanye Perdamaian Dan Solidaritas Umat Beragama – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

Assagaff: Pesparawi, Kampanye Perdamaian Dan Solidaritas Umat Beragama

SEBANYAK 11 kontingen dari 11 kabupaten/kota di Provinsi Maluku, datang berlomba di bumi Saka Mese Nusa untuk merebut juara umum dalam ajang Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) X tingkat Provinsi Maluku.

Para kontingen ini terdiri dari Kabu­paten Maluku Barat Daya (MTB) sebanyak 260 peserta, Maluku Tenggara Barat (MTB) 280 peserta, Kepulauan Aru 137 peserta, Maluku Tenggara (Malra) 227 peserta, Kota Tual 241 peserta, Kabupaten Buru Selatan (Bursel) 106 peserta, Buru satu kontingen, Seram Bagian Timur (SBT) 96 peserta, Maluku Tenggah (Malteng) 240 peserta, Kota Ambon 259 peserta, dan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) 240 peserta.

Di bawah sorotan tema “Aku akan Menyanyi dengan Roh dan Akal Budi, Gubernur Maluku Said Assagaff, dalam sambutannya mengatakan ajang lomba Pesparawi ini bukan hanya manivestasi orang Kristen se­mata, melainkan juga milik semua agama di daerah ini, baik Islam, Katolik, Hindu dan Budha, yang ber­tujuan merawat bingkai hidup orang basudara.

“Banyak cara bagi orang ber­iman untuk bernyanyi dan bersyu­kur kepada Tuhan. Maluku ini ber­limpah dengan perdamaian. Pe­nye­lenggaraan ini adalah wujud doa bagi situasi bangsa saat ini, “ ujar Gubernur Maluku Said Assagaff.

Pasalnya, menurut Assagaff, ajang Pesparawi ini merupakan kampanye dan provokasi perdamaian serta solidaritas umat beragama. Dimana dalam kegiatan ini ada tiga point untuk dijadikan refleksi bersama, diantaranya jujur mengatakan bahwa Pesparawi adalah berkah luar biasa bagi Maluku. Poin kedua yakni ajang ini merupakan identitas diri dan gudang bagi orang-orang yang gemar bernyanyi. Serta yang ketiga adalah Pesparawi bukan sekedar ajang lomba tetapi padu serasi dalam kebersamaan tentang gerak antara ale dan beta, dia dan mereka.

“Akhirnya selamat berlomba bagi umat Kristen se-Maluku. Kiranya Tuhan Yesus memberkati saudara semua,” kuncinya.

Hadir dalam pembukaan Pesparawi X, selain Gubernur Maluku Said Assagaff, beserta istri Ny.Retty Assagaff, Dirjen Binmas Kristen Kemenag RI Thomas Pentury, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Michael Wattimena, Bupati MBD Barnabas Orno dan istri Ny.Beatrix Orno, Bupati MTB Petrus Fatlolon dan istri Ny.Joice Fatlolon, Bupati SBT Mukti Keliobas, Wakil Bupati Malteng Marlatu Leleury dan istri Ny. A Leleury, Wakil Bupati Bursel Buce Seleky, Bupati Malra Andre Rentanubun. Walikota dan Wakil Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan Syarief Hadler. (YAS)

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top