Disperindag Tingkatkan Pengawasan Bahan Pokok Jelang Natal – Rakyat Maluku
AMBONESIA

Disperindag Tingkatkan Pengawasan Bahan Pokok Jelang Natal

Rakyatmaluku.com – DINAS Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku akan meningkatkan pengawasan guna menjamin bahan kebutuhan pokok tersedia cukup jelang Natal dan Tahun Baru. “Pengawasan akan mulai dioptimalkan Minggu kedua November satu minggu jelang perayaan hari besar agama Natal dan akhir tahun,” kata Kepala Disperindag Maluku Femmy Sahetapy, kepada wartawan.

Ia menjelaskan, tahap pertama pengawasan difokuskan di tingkat distributor, karena merekalah yang menjadi kunci apakah bahan kebutuhan pokok masyarakat tersedia cukup atau tidak. Dan smpai sejauh in dari hasil koordinasi, pihak distributor menjaminkan ketercukupan kebutuhan pokok masyarakat bertahan hingga 60 hari kedepan atau dua bulan lagi. “Bila stok bahan pokok tersedia pada distributor, maka akan terjamin kecukupannya hingga tingkat pengecer,” ujar dia.

Memang harus d antsipasi pada kebutuhan sayuran di dataran tinggi seperti wortel, kentang, kol dan lainnya. Namun hal itu tidak ada masalah, lantaran tiap dua minggu sekali kapal masuk membawah kebutuhan tersebut. Untuk pengawasan kepada distributor juga dimaksudkan agar praktek penimbunan bermotif spekulasi tidak terjadi, karena akan sangat menggangu ketahan stok.

Oleh sebab itu, pihaknya juga melibatkan disperindag Kota Ambon dalam tim pengawasan tersebut. Mengingat sudah menjadi tren setiap kali menjelang hari besar agama khususnya Natal, akan terjadi peningkatan permintaan bahan pokok masyarakat, bila distribusi terganggu maka dampaknya harga melonjak tajam, karena itu maka tim akan melakukan pemeriksaan terhadap stok yang ada pada pedagang distributor. (YAS)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!