Kapolri: Ambon Pusat Pangkalan Gerak – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

Kapolri: Ambon Pusat Pangkalan Gerak

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, ditemui Wartawan saat berkunjung ke Mapolda maluku, Senin 13 November 2017.

Rakyatmaluku.com – KAPORLI Jendral Tito Karnavian menyam­paikan alasan kenapa HUT Brimob Ke 72 harus di pu­sat­kan di Kota Ambon Provinsi Maluku. Menurut orang nomor satu di Polri itu, Ambon adalah kota yang sangat strategis. Yang mana dari aspek teritori, Ambon satu-satunya kota di Indo­nesia bagian timur yang leng­kap infrasturkturnya ser­ta sangat strategis untuk kepentingan mobilisasi personel keamanan saat ter­jadi dinamika di suatu wilayah di bagian timur Indonesia.

“Ini juga terkait dengan sistem manajemen ope­rasioal Polri, kalau satu wilayah kerepotan maka akan di-backup wilayah lain. Ambon ini lengkap infrastruktunya,” ujar Jenderal Tito Karnavian.

Menurut jenderal bintang empat ini Ambon dapat dijadikan sebagai pusat pangkalan gerak untuk membackup wilayah Indonesia Timur. Olehnya itu, penempatan pasukan di Ambon sangat strategis, terutama mengawasi Papua dari pergerakan kelom­pok bersenjata dan Provinsi Maluku Utara, karena berdekatan dengan Philipina.

“Tahun ini kita sengaja melakukan HUT Brimob di Ambon ini, biasanya dilakukan di Jakarta dan beberapa tempat lain, tapi kali ini di Ambon. Tujuannya adalah karena Ambon ini kota yang sangat strategis untuk menjadi pusat pangkalan gerak demi membackup wilayah-wilayah lain di Indonesia bagian timur. Seperti kita lihat Papua yang relatif ada dinamika politik dan keamanan disana, pilkada di sana, kemudian ada muncul kelompok bersenjata. Kemudian di Maluku Utara juga ada penetrasi dari jaringan jaringan yang dari Fhilipina selatan. Tempat yang paling strategis untuk menjangkau wilayah wilayah itu adalah Ambon,” jelasnya.

Menurutnya, Kota Ambon dipilih karena lebih dekat dengan kedua provinsi ini. Sehingga sewaktu-waktu terjadi gejolak, pasukan bisa diturunkan ke lokasi kejadian. Karena kalau dari Sulawesi Selatan maupun Jakarta, terlalu jauh.

Selain itu, kata Jenderal Tito Karnavian, keha­dirannya selain menghadiri HUT Brimob, juga untuk melihat langsung keberadaan Polda Maluku, termasuk mendengar kondisi keamanan di wilayah ini dari anggotanya sendiri. Sehingga bisa mengarahkan personelnya bekerja sesuai dinamika yang berkembang saat ini atau di masa yang akan datang.

“Saya hadir di sini (Kota Ambon) sudah beberapa kali dalam beberapa acara. Antara lain dengan Bapak Presiden, serta kegiatan Ormas dan lain-lain. Tapi baru kali ini saya berkunjung resmi ke Mapolda dan memberikan arahan kepada seluruh jajaran Polda. Saya menerima laporan tentang Kamtibmas di wilayah Maluku. Dan kemudian saya memberikan arahan-arahan apa yang perlu kita hadapi secara lokal ataupun konspirasi secara nasional. Termasuk juga perbaikan perbaikan untuk Polda Maluku,” tegas Jendral Tito Karnavian. (AAN)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!