Dari Peringatan Harkesnas, Gubernur Serahkan Sejumlah Penghargaan – Rakyat Maluku
BERITA UTAMA

Dari Peringatan Harkesnas, Gubernur Serahkan Sejumlah Penghargaan

Said Assagaff

Rakyatmaluku.com – GUBERNUR Maluku Said Assagaff, memimpin langsung upacara dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (Harkesnas) Tahun 2017 yang dilangsungkan di halaman kantor Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Karang Panjang, Ambon, Senin 13 November 2017.

Dalam upacara tersebut, Gubernur Maluku Said Assagaff membacakan sambutan tertulis Menteri Kesehatan, Nila Moeloek serta memberikan peng­hargaan kepada tenaga kesehatan teladan, Desa (PHBS) Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Desa Pangan Aman, Pemerhati Kesehatan, pemanfataan taman obat keluarga (toga) dan juga menyerahkan bantuan mobil ambulance kepada RS. Lanud Pattimura.

Selain penghargaan, Gubernur juga menye­rahkan hadiah kepada para pemenang lomba yang diadakanoleh Dinas Kesehatan Provinsi Maluku seperti lomba Tari Kairatu dan lomba toga.

Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Meykal Pontoh saat dikonfirmasi , tenaga kesehatan teladan yang diberi penghargaan merupakan tenaga kesehatan seperti bidan, perawat dan sebagainya dimana tenaga-tenaga kesehatan ini diusulkan oleh Kabupaten/kota untuk diseleksi di tingkat provinsi kemudian akan ikuti sampai tingkat nasional.

“Mereka diusulkan 11 kabupaten/kota ke Provinsi, kemudian provinsi melakukan penjaringan adalah tenaga kesehatan di daerah terpencil tapi mereka berinovasi sehingga kita berikan penghargaan. Dan memang banyak tenaga kesehatan yang dengan kemampuan apa adanya, kesulitan yang ada di daerah tapi mereka berikan pelayanan yang maksimal. Itu yang kita hargai dengan penghargaan dan kita ikutkan ke tingkat nasional untuk mewakili Maluku,” ujar Pontoh.

Sementara untuk lomba tanaman obat keluarga (toga), dikatakannya merupakan masyarakat yang memanfaatkan taman rumah untuk menanam tanaman obat sehingga bisa digunakan dalam keadaan tertentu dan mendesak. “Sehingga bisa diramu sendiri tanaman obat itu. Kemudian penghargaan bagi desa dalam pengelolaan makanan sehat dimana dalam pengelolaan makanan oleh warga seperti jajanan tidak emnggunakan bahan-bahan berbahaya,”sambungnya.

Sedangkan untuk kategori pemerhati kesehatan yaitu anggota masyarakat yang peduli terdahap permasalahan kesehatan dengan cara melayani warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan dengan peralatan apa adanya maupun ikut membantu memberikan masukan bagi petugas kesehatan terkait permasalahan kesehatan yang ditemui di daerah masing-masing.

“Itu yang kita inginkan bagaimana masyarakat ikut memperhatikan masalah kesehatan disekitarnya. Pemerintah tinggal membantu baik itu fasilitas rumah singgah maupun tenaga kesehatan,” tandasnya. (YAS)

Click to comment

Most Popular

CONTOH IKLAN
To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!